ADVERTISEMENT

Ini Peran 2 Tokoh Penting Khilafatul Muslimin yang Ditangkap di Lampung

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 17:51 WIB
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi memimpin penagkapan 2 tokoh penting Khilafatul Muslimin
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi memimpin penagkapan dua tokoh penting Khilafatul Muslimin. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menangkap dua tokoh penting di kantor pusat Khilafatul Muslimin di Bandar Lampung, Lampung. Keduanya berperan dalam operasi gerakan Khilafatul Muslimin.

"Kedua tersangka yang diamankan berperan sebagai pelaksana operasional organisasi," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (11/6/2022).

Kedua tokoh penting ormas Khilafatul Muslimin itu ditangkap tadi pagi di Lampung. Penyelidikan awal menemukan adanya peran keduanya dalam tindak pidana yang dilakukan pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja, yang telah ditangkap dan ditetapkan tersangka pada Selasa (7/6).

"Peran masing-masing turut membantu perbuatan pidana oleh tersangka utamanya, yaitu pimpinan tertinggi ormas Khilafatul Muslimin, dengan rekam jejak sebagai terpidana yang salah satunya kasus pengeboman Candi Borobudur pada tahun 1985 hingga menjalani hukum penjara," beber Hengki.

Kedua tokoh penting ormas Khilafatul Muslimin itu tengah dibawa dari Lampung ke Jakarta. Keduanya akan melanjutkan pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Penangkapan kedua tokoh itu menambah daftar anggota ormas Khilafatul Muslimin yang ditangkap jajaran Polda Metro Jaya. Polisi sebelumnya menangkap Abdul Qadir Baraja selaku pimpinan tertinggi ormas tersebut pada Selasa (7/6).

Abdul Qadir kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Dia dijerat dengan Pasal 59 ayat 4 juncto Pasal 82 ayat 2 UU RI Nomor 16 Tahun 2017 tentang Ormas dan Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Miliaran Rupiah Dana Operasional Khilafatul Muslimin Disita

Polisi menyita barang bukti uang senilai miliaran rupiah dari penggeledahan kantor pusat ormas Khilafatul Muslimin di Bandar Lampung, Lampung, hari ini. Uang berjumlah fantastis itu diduga merupakan dana operasional ormas tersebut.

"Kita melakukan penggeledahan terhadap operasionalisasi terhadap ormas ini dan kita menyita uang yang diduga uang operasional sekitar miliaran jumlahnya," kata Hengki.

Penangkapan dilakukan di kantor pusat ormas Khilafatul Muslimin yang berada di Lampung. Penangkapan dilakukan oleh tim gabungan Ditreskrimum Polda Metro Jaya pimpinan Kombes Hengki Haryadi dan TNI hingga Forkopimda setempat.

Lebih lanjut Hengki mengungkapkan polisi menemukan temuan signifikan dari penggeledahan kantor pusat Khilafatul Muslimin hari ini. Temuan signifikan itu akan dikembangkan penyidik dengan sejumlah instansi terkait.

"Nanti rilis lengkap akan dijelaskan di Jakarta karena memang ada yang sangat signifikan yang polisi tidak bisa bekerja sendiri. Ada kementerian-kementerian lainnya," pungkas Hengki.

Simak juga 'Kapolri Tak Ingin Khilafatul Muslimin Berkembang di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT