Wacana Koalisi 'Semut Merah' Mengemuka

ADVERTISEMENT

Wacana Koalisi 'Semut Merah' Mengemuka

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 22:12 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu Bertemu Ketum PKB Cak Imin (Foto: Karin/detikcom)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bertemu Ketum PKB Cak Imin (Karin/detikcom)

Aboe Bakar menekankan pihaknya tak mempersoalkan pencalonan presiden atau wapres. "Bagi PKS, nggak penting presiden atau wapres," ujarnya.

Menurutnya, sosok yang pantas maju di pilpres akan dievaluasi bersama. "Kemudian kita calonkan capres akan dievaluasi, fit and proper. Kalau Cak Ami cocok, PKS ready dan siap," katanya.

Meski begitu, dia menyebut PKS tetap mendukung pencalonan terhadap Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri.

"PKS siap menokohkan Salim Segaf, kalau PKB sudah jelas capres Gus Muhaimin. PKS nggak masalah. Kita sadar posisi kita cuma 50 (kursi). Tapi kalau ada satu parpol lagi, akan kelihatan siapa yang naik," ujarnya.

Saat ini, dia memfokuskan koalisi ini dapat menarik parpol lainnya agar dapat memenuhi syarat ambang batas pencapresan atau presidential threshold sebesar 20 persen. Dia memberi kode, apabila KIB mau bergabung, pihaknya membuka pintu.

"Tapi kan ini baru berdua. Saya yakin Demokrat atau partai lain, kami dan PKB undang dengan pintu terbuka. Kalau KIB mau datang juga, kami nggak nolak," katanya.

Golkar Enggan Ikut Campur

Partai Golkar mengatakan tidak akan ikut campur jika Koalisi Semut Merah terbentuk. Ketua Bappilu DPP Partai Golkar Zainudin Amali menyampaikan setiap partai politik berhak menentukan strategi dan kebijakan politiknya, termasuk PKB dengan PKS.

"Ya nggak apa-apa. Kan semua orang berhak ya. Berhak menentukan strategi dan arah serta kebijakan politik masing-masing. Kita nggak boleh mencampuri," ujar Amali kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/6).

Amali memandang pembentukan koalisi dari partai lain merupakan hal yang baik. Dia menilai, dalam pesta demokrasi saat ini, semakin baik jika antarpartai bekerja sama.

"Ya bagus saja. Makin bagus orang partai-partai bekerja sama, makin enak untuk perhelatan pesta demokrasi kita. Kan kita namanya pesta, pesta harus senang riang gembira, jangan dalam suasana ketakutan, mencekam, itu yang kita hindari," jelasnya.

"Jadi kerja sama di kalangan parpol menurut saya baguslah," sambungnya.


(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT