ADVERTISEMENT

Wacana Koalisi 'Semut Merah' Mengemuka

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 22:12 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu Bertemu Ketum PKB Cak Imin (Foto: Karin/detikcom)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bertemu Ketum PKB Cak Imin (Karin/detikcom)
Jakarta -

Dua partai yang belum membentuk koalisi makin mesra. Dua partai di parlemen mewacanakan Koalisi Semut Merah. Kedua partai yang mesra dan mewacanakan Koalisi Semut Merah adalah PKS dan PKB untuk menatap Pemilu 2024.

Partai Golkar, PPP, dan PAN sudah sepakat dengan Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB menuju tahun politik 2024. PKS mencoba menggandeng PKB supaya pilpres tak cuma diikuti dua paslon.

"Selanjutnya kita berusaha tidak muncul dua calon, tiga calonlah. Jadi, kalau sekarang ada KIB, lantas siapa tahu coba-coba PKS dan PKB membuat alur lagi baru, supaya muncul ada baru," kata Sekjen PKS Habib Aboe Bakar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6).

"Soalnya, yang ketiga sudah pasti golden ticket. Jangan ditanya yang golden ticket ini, nggak perlu penjelasan, pasti dia maju. Siapa bersama siapa, urusan beliau. Kalau dia mau PKS, belum tentu PKS mau nolak-nolak amat," imbuhnya.

PKS pun tak mempermasalahkan jika Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ingin maju sebagai capres 2024. Namun PKS memberikan catatan soal rekam jejak.

"Ya nggak apa-apa. Kalau mau, Cak Imin layak, kita lihat nanti kita obrol dulu, kan kita punya jejak digital orang ini kan ada, mau ke mana dia, siapa dia, bagaimana dia situasi kepribadiannya apa, itu kan ada di depan mata kita," ujarnya.

Aboe Bakar AlhabshyAboe Bakar Alhabshy (Lamhot Aritonang/detikcom)

Meski mencoba membangun poros ketiga, PKS tak tutup pintu terhadap KIB. PKS tetap mengedepankan membangun poros ketiga.

"Siapa bilang? Nggak ada istilah tutup pintu. Terbuka kita. Kita kontak-kontakan terus dengan Pak Airlangga, Pak Zul (Zulkifli Hasan), biasa. Nggak ada. Cuma untuk memunculkan ketiga ini, siapa yang mau memulai?" ucap Aboe Bakar.

PKB-PKS Bisa Jadi Koalisi Semut Merah

PKB menyambut baik wacana koalisi dengan PKS untuk Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut koalisi PKB-PKS bisa jadi Koalisi Semut Merah.

"Koalisi itu arahnya meraih kemenangan capres-cawapres. Apakah misalkan PKB dengan PKS mungkin berkoalisi? Sangat mungkin jika koalisi itu menjanjikan harapan menang dan menjanjikan harapan ke arah yang lebih baik," kata Jazilul dalam keterangannya, Rabu (8/6).

PKB dengan PKS pernah bergabung dalam koalisi Poros Tengah bersama sejumlah parpol berbasis Islam, seperti PAN, PBB, dan PPP. Koalisi Poros Tengah itu mengantarkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ke kursi presiden pada Pemilu 1999.

Simak video 'KIB Buka Peluang Koalisi Semut Merah PKS-PKB Bergabung':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT