ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Ayah Wafat Belum Balik Nama Rumah Warisan, Apakah Hak Kami Hilang?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 08:10 WIB
ilustrasi warisan
Ilustrasi (detikcom)
Jakarta -

Harta warisan kerap menjadi sengketa, bahkan ada yang berujung ke pengadilan. Salah satunya status rumah yang belum balik nama sehingga kerap menjadi sengketa.

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate yang dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com. Berikut pertanyaan lengkapnya:

Mohon pencerahannya dan izin bertanya...

Singkatnya kakek dan nenek saya meninggal di tahun 80-an. Ahli warisnya ada 3 terhadap rumah dan lain-lain. Sertipikat rumah atas nama almarhum nenek. Namun pembagian atas harta nenek belum sempat dibagi.

Februari 2022 ayah saya meninggal dunia.

Yang jadi pertanyaan saya ,apakah warisan nenek saya, jatuh ke dua ahli waris yang ada (anak+nenek) saja? Jatah warisan untuk ayah saya apakah tidak ada? atau diwariskan kepada kami anak-anak dari almarhum ayah saya?

JAWABAN:

Terima kasih atas pertanyaannya. Dalam pembagian waris, Indonesia mengakui beberapa pembagian waris, di antaranya hukum Islam, hukum adat, hukum China, hukum Barat. Namun karena penanya tidak menanyakan sistem pembagian waris menggunakan hukum apa, maka kami berasumsi adalah memakai hukum Islam.

Saat seseorang meninggal dunia maka saat itu juga langsung ahli waris berhak. Jika belum dibagi maka hak itu sebenarnya tidak hilang.

Jika kakek meninggal terlebih dahulu maka salah satu ahli warisnya yaitu nenek yg masih hidup saat itu ditambah anak-anak dan ayah+ibunya jika masih ada.

Kemudian saat nenek meninggal dunia maka ahli warisnya adalah anak-anak dan ayah+ibunya.

Demikian jawaban dari kami.
Terima kasih

Tim Pengasuh detik's Advocate

Simak juga 'Amankah Beli Tanah dengan Bukti Hanya Girik atau AJB?':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT