ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Saya Salah Transfer Rekening Bank, Bagaimana Cara Membatalkannya?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 09:51 WIB
Putra Sianipar
Putra Sianipar (dok.pri)
Jakarta -

Teknologi membuat orang makin mudah melakukan transaksi, salah satunya perbankan. Namun apabila terjadi kesalahan sedikit saja, maka bisa berakibat fatal. Salah satunya salah menulis rekening bank yang akan ditransfer. Bagaimana cara menariknya kembali?

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate yang dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com Berikut pertanyaan lengkapnya:

Perkenalkan nama saya I Gede Jaka Erawan. Saya memiliki pertanyaan yang menyangkut masalah kesalahan transfer bank. Kronologinya seperti ini:

10 Desember 2021 jam 18.30 WIB

Saya telah melakukan transfer kepada teman saya bernama Adi Arya Saputra sebesar Rp 13.500.000 untuk pembelian bibit ternak. No rekening yang diberikan melalui screenshot via Whatsapp. Ternyata setelah saya melakukan transaksi transfer via m banking no rekening yang saya masukan salah 1 digit di mana seharus nya no rekening yang saya transfer digit nya 5478 akan tetapi yang saya transfer ke rekening 5470. Ini diberitahu oleh teman saya (Adi Arya).

11 Desember 2021, jam 10 pagi.
Tepat pada saat itu saya melaporkan kasus ini melalui call center bank. Dan saya juga melaporkan kepada bank lawan.

Hari-hari berlalu. Saya sempat mengunjungi kedua bank untuk menanyakan prosesnya dan terus menelpon call center. Akan tetapi jawaban nya masih tetap sama, diharapkan untuk menunggu.

Meret 2022
Setelah 3 bulan berlalu, saya mengunjungi pihak customer service bank kantor cabang pusat di Bali. Dan melalui itu saya mendapat jawaban bahwa uang yang berada di akun bank salah transfer tersebut sudah 0. Dengan mudahnya pihak bank lawan mengatakan CASE CLOSE.

Pertanyaan:

Tindakan apakah yang harus saya lakukan jika terjadi seperti ini ? Saya sudah bingung untuk mengurusnya. Saya mengerti kalau itu memang kesalahan saya. Akan tetapi dari pihak bank lawan seakan-akan tidak mau memperdulikan kasus saya seperti ini.

Di saat pandemi sekarang ini yang sangat berarti dengan jumlah yang sebanyak itu. Belum lagi itu uang hasil pinjaman saya dengan istri lewat koperasi.

Saya juga sering searching kalau ada Undang-undang yang mengatur tentang salah transfer dana tersebut. Tolong berikan saya jalan untuk kasus ini. Berikut saya juga akan menyertakan file bukti transfer nya.

Terima kasih
I Gede Jaka Erawan.
Denpasar, Bali

Simak juga Video: Sosok Desboy, Pelindung Anak Jalanan Tanah Merah

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT