ADVERTISEMENT

Polisi Ungkap Cara Khilafatul Muslimin Galang Dana dari Anggota

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 11:20 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (Wildan-detikcom)
Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (Wildan-detikcom)
Jakarta -

Polisi menjelaskan soal cara Khilafatul Muslimin menggalang dana dari anggotanya. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut Khilafatul Muslimin menggunakan kota amal untuk mengumpulkan dana ketika ada kegiatan.

"Terkait dengan aliran dana, yang diketahui penggalangan dana yang sudah pasti adalah internal mereka. Artinya disebarkan kotak amal," kata Ramadhan di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (9/6/2022).

Ramadhan menyebut kotak amal tersebut disebarkan dalam kegiatan majelis yang mereka lakukan. Menurutnya, penggalangan dana dilakukan secara internal.

"Sesama mereka pada kegiatan-kegiatan Majelis, jadi baru internal," ujarnya.

Ramadhan belum menjelaskan detail berapa dana yang telah dikumpulkan oleh Khilafatul Muslimin. Dia mengatakan polisi masih melakukan pendalaman terkait hal tersebut.

"Masih dalam proses, masih pendalaman. Kita matangkan dulu baru kita sampaikan," ujarnya.

Selain itu, polisi juga masih menelusuri ada tidaknya dana dari luar anggota Khilafatul Muslimin. Pelacakan masih dilakukan.

"Terkait dengan sumber dana dari luar, apakah ada sumber dana dari luar yang mendukung untuk kegiatan organisasi Khilafatul Muslimin ini, ini masih kita tracing (lacak)," kata Ramadhan.

"Kita akan telusuri apakah ada sumber-sumber yang mendukung kegiatan itu," sambungnya.

Uang Operasional Khilafatul Muslimin

Sebelumnya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan pihaknya masih mendalami dana operasional organisasi Khilafatul Muslimin. Dia mengatakan uang operasional Khilafatul Muslimin cukup besar.

"Uang operasionalnya cukup besar. Ini pertanyaan besar yang harus kita jawab jadi proses penyelidikannya lanjut," ujarnya.

Hengki mengatakan pihaknya bukan hanya menyelidiki Khilafatul Muslimin soal konvoi 'Kebangkitan Khilafah' saja. Dia menyebut pihaknya masih mendalami pidana lain soal Khilafatul Muslimin ini.

"Jadi tidak di sini saja, nanti akan secara bertahap perkembangan penyidikan akan kita umumkan kepada masyarakat," ujarnya.

Simak Video 'Kapolri Tak Ingin Khilafatul Muslimin Berkembang di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT