ADVERTISEMENT

Polri: Buron Jepang Mitsuhiro Taniguchi Akan Dideportasi

Azhar Bagas Ramadhan, Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 13:09 WIB
Mitsuhiro Taniguchi ditangkap di RI (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Mitsuhiro Taniguchi ditangkap di RI (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah menangkap buronan kepolisian Jepang, Mitsuhiro Taniguchi, di Lampung Tengah, Lampung kemarin malam. Mitsuhiro akan segera dideportasi oleh pihak Imigrasi Jakarta.

"Semalam, yang bersangkutan diamankan sekitar jam 11, kemudian digeser ke imigrasi Jakarta dan saat ini kemungkinan besar sudah berada di Imigrasi," kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

"Selanjutnya, upaya atau langkah yang akan dilakukan adalah dilakukan deportasi. Namun tetap menunggu update terbaru dari teman-teman di Imigrasi," tambahnya.

Gatot menjelaskan, pihak Mabes Polri dalam hal ini hanya membantu kepolisian Jepang secara proaktif. Polri juga disebutkan tengah menunggu red notice dari interpol terkait Mitsuhiro Taniguchi.

"Kami telah berkoordinasi dengan kepolisian Jepang di Jakarta terkait dengan upaya pencarian terhadap buronan dari Pemerintah Jepang yang bernama MT. Kemudian kami juga berupaya menunggu daripada red notice yang sudah diajukan kepolisian Jepang ke interpol yang ada di Prancis," tambahnya.

Dia menambahkan bahwa red notice tersebut hingga kini belum diterima Polri. Sehingga, langkah yang bisa dilakukan kepolisian untuk sementara waktu hanya berkoordinasi dengan pihak imigrasi.

"Namun sampai saat ini kami belum menerima (red notice) dan langkah upaya yang sudah dilakukan Polri adalah berkoordinasi dengan teman-teman di Imigrasi," kata Gatot.

Sebelumnya, Polisi menangkap buronan kepolisian Jepang Mitsuhiro Taniguci. Dia mulanya terdeteksi oleh pihak Imigrasi lantaran paspornya dicabut otoritas Jepang.

"Mengapa yang bersangkutan bisa amankan, karena dari pemerintah Jepang sudah mencabut paspor yang bersangkutan. Otomatis pergerakan dari pada buronan tersebut terdeteksi di imigrasi yang ada di Indonesia. Yaitu berada di wilayah Lampung Tengah," kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Kemudian, pihak kepolisian Polda Lampung dan kepolisian Lampung Tengah berkoordinasi untuk menangkap Mitsuhiro. Polisi menangkap Mitsuhiro di daerah Kali Anget, Lampung Tengah.

"Kemudian dari pihak kepolisian Lampung Tengah dan Polda Lampung mengamankan yang bersangkutan setelah mendapatkan hasil atau informasi bahwa yang bersangkutan passport-nya dinyatakan sudah tidak berlaku dan berada di Kali Anget daerah Lampung Tengah," terangnya.

Dilansir dari surat kabar Asahi Shimbun, Rabu (8/6), Mitsuhiro merupakan pimpinan kelompok penipu yang ditangkap polisi Tokyo pada 30 Mei 2022 lalu. Polisi Tokyo menangkap tiga anggota keluarga atas dugaan penipuan terkait dengan penerimaan subsidi COVID-19 dalam jumlah besar untuk usaha kecil yang dalam krisis.

Departemen Kepolisian Metropolitan menyatakan sebuah kelompok yang dipimpin oleh keluarga tersebut membuat ratusan aplikasi subsidi palsu dan menerima sekitar 960 juta yen ($7,5 juta) atau setara Rp 105 miliar.

Imigrasi Koordinasi dengan Kedubes Jepang

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham mengatakan tengah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk mendeportasi Mistsuhiro Taniguchi.

"Direktorat Jenderal Imigrasi akan berkoordinasi dengan kedutaan besar Jepang untuk proses pemulangan warga negara jepang tersebut ke negara Jepang," kata Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian I Nyoman Gede Surya Mataram dalam konferensi pers, Rabu (8/6/2022).

Surya mengatakan pihaknya mendapatkan kabar pada Selasa kemarin (7/6), bahwa ada seorang warga negara Jepang yang berstatus buron yang berada di Lampung. Akhirnya pada pukul 22.30 WIB semalam pihak Keimigrasian Lampung langsung mengamankan MT dan langsung digiring ke Jakarta.

"Pada hari Selasa tanggal 7 Juni Tahun 2022 Tepatnya pukul 22.30 WIB, kami mendapatkan laporan bahwa warga negara Jepang yang sedang dicari tersebut diamankan oleh jajaran divisi Kemenkumham lampung bersama Polsek Tegalrejo untuk dibawa ke Jakarta ke Direktorat Jenderal Imigrasi," kata Surya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Keimigrasian Lampung Is Edy Eko Putranto mengatakan deportasi Taniguchi akan dilakukan secepatnya. Namun, dia tidak bisa memastikan kapan deportasi akan dilakukan.

"Jadi proses pemulangan warga negara asing tersebut pihak Direktorat Jenderal imigrasi akan melakukan proses pemulangan secepatnya setelah kami melakukan koordinasi tentunya khususnya dengan kedutaan Jepang dan instansi terkait, artinya secepatnya," kata Is.

"Tapi kalau kita deadline hari berapa berapa hari kami saat ini belum bisa menjanjikan, yang penting secepatnya dan apabila nanti sekiranya warga negara asing akan dipulangkan kita akan bisa berbagi informasi dengan rekan-rekan semuanya," tambahnya.

Lihat juga video 'Bule Telanjang di Gunung Batur Diperiksa Imigrasi, Segera Dideportasi':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT