ADVERTISEMENT

Ditangkap, Buron Mitsuhiro Taniguchi Bakal Diserahkan ke Polisi Jepang

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 12:19 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Kadiv Humas Polri (Foto: Dok. Polri)
Jakarta -

Pihak Imigrasi menangkap buronan Kepolisian Jepang bernama Mitsuhiro Taniguchi (47) di Lampung Tengah. Polri mengatakan Taniguchi bakal diserahkan ke kepolisian Jepang.

"Ya, alhamdulillah semalam sudah berhasil diamankan, kerja sama antara Imigrasi kemudian dengan pihak kepolisian dan Polres Lampung Tengah, yang bersangkutan bersembunyi di rumah warga, kemudian diamankan dan tadi pagi jam 05.00 sudah sampai di Imgirasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Taniguchi masih diperiksa oleh pihak Imigrasi. Setelah pemeriksaan lengkap, Taniguchi akan dideportasi dan diserahkan kepada kepolisian Jepang.

"Hari ini dimintai keterangan dulu administrasi, baru nanti setelah administrasi dari Imigrasi akan mendeportasi, tentunya nanti akan didampingi oleh kepolisian dan akan diserahkan kepada pihak kepolisian Jepang," ujar Dedi.

Polisi sebelumnya mengungkap buronan Kepolisian Jepang Mitsuhiro Taniguchi menumpang di rumah seorang guru di Lampung Tengah, Lampung. Dia disebut menumpang sejak 4 Mei 2022.

"Subjek MT tinggal di tempat warga atas nama Masduki, pekerjaan guru. Di Kampung Sridadi, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (8/6).

Dedi menjelaskan Taniguchi hanya datang beberapa kali ke rumah tersebut. Berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, dia tidak menetap di rumah itu.

"Tinggal, tetapi tidak menetap. Kadang satu minggu sekali, kadang dua minggu sekali," jelasnya.

Simak juga 'Polri Ajukan Pencekalan 5 Buron Kasus Fahrenheit':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT