ADVERTISEMENT

Cita-cita Prabowo: Timnas Masuk Piala Dunia hingga Bikin Nusantara United

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 13:42 WIB
Menhan Prabowo Subianto hadiri wisuda offline yang digelar Universitas Pancasila. Di sana Prabowo turut memberikan orasi ilmiah di hadapan para wisudawan.
Prabowo (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyebut bangsa Indonesia harus memiliki kehendak nasional atau national will. Begitu pula kehendak nasional dalam memajukan sepakbola Indonesia sehingga bisa bersaing di kancah dunia.

"National will, kehendak nasional, apakah kita bangsa yang acuh tak acuh? Bangsa yang tidak peduli kalau sepakbola kalah? Loh sepakbola jangan dianggap hanya sekadar olahraga, sepakbola itu adalah olahraga yang paling populer di dunia, karena itu sepakbola adalah persaingan kehormatan bangsa-bangsa," kata Prabowo dalam orasi ilmiah di acara wisuda Universitas Pancasila dalam tayangan YouTube, Selasa (7/6/2022).

Prabowo menekankan Indonesia harus bisa masuk ke piala dunia. Dia meminta agar sepakbola tak dianggap sebagai hal biasa.

"Jadi saudara-saudara, masak tidak ada sih national will kita, harus kita... Indonesia harus mampu masuk piala dunia, itu harus ada kehendak, will. Jangan anggap sepakbola biasa," katanya.

Prabowo pun mengungkap rencananya usai pensiun dari Menteri Pertahanan. Prabowo ingin membentuk klub sepakbola.

"Saya kalau pensiun jadi Menteri Pertahanan mungkin cita-cita saya, saya ingin mendirikan klub sepakbola. Namanya sudah ada, Nusantara United," kata Prabowo.

Kenang Pengibaran Merah Putih di Puncak Everest

Prabowo lalu mengenang misi pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Everest tahun 1997. Saat itu Prabowo masih menjabat sebagai Danjen Kopassus.

"Jadi waktu saya pilih itu yang naik ke sana itu orang Jawa Timur, orangnya nggak terlalu tinggi namanya Asmujiono hampir nggak masuk Kopassus karena dia tingginya hanya 165, untuk masuk Kopassus saat itu 170. Tapi dia kuatnya bukan main, akhirnya saya kasih dispensasi masuk, akhirnya dia yang mengangkat Merah Putih sampai ke Puncak Everest, dunia," katanya.

Menurut Prabowo, Indonesia harus mampu mengimbangi negara lain dalam berbagai hal. Prabowo berharap Indonesia memiliki tekad untuk bersaing di dunia.

"Jadi kita mampu mengimbangi negara-negara lain kalau kalau ada will, kalau ada national will. Jadi masalah sepakbola, masalah hal-hal yang seperti itu, kita harus bertanya kenapa Indonesia negara keempat dunia tidak punya mobil buatan Indonesia? Kita harus tanya, dan kita harus bertekad, saya berharap Universitas Pancasila anak-anak dari teknik akan menghasilkan hal-hal seperti itu," kata dia.

(lir/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT