ADVERTISEMENT

Prabowo: Begitu Kita Tinggalkan Pancasila, Negara Ini Akan Bubar

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 13:06 WIB
Menhan Prabowo Subianto
Prabowo (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menilai Indonesia memiliki dua kecemerlangan, yaitu bahasa Indonesia dan Pancasila. Menurut Prabowo, Indonesia akan bubar apabila Pancasila ditinggalkan.

"Indonesia memiliki dua kecemerlangan, the brilliance of our leaders, this is sesuatu yang cemerlang yang banyak negara tidak punya," kata Prabowo dalam orasi ilmiah di acara wisuda Universitas Pancasila seperti siaran YouTube Universitas Pancasila, Selasa (7/6/2022).

"Apa kecemerlangan menurut saya, bahwa pendiri-pendiri bangsa kita memilih bahasa suku yang kecil sebagai bahasa kebangsaan, bahasa Melayu berasal dari Riau. Jumlah penduduknya sedikit dibandingkan bahasa Jawa, bahasa Jawa adalah mayoritas, Bung Karno orang Jawa, tokoh-tokoh dalam BPUPKI itu banyak orang Jawa-nya, tapi tidak memilih bahasa jawa sebagai bahasa kebangsaan," imbuhnya.

Prabowo menyebut hingga saat ini ada negara yang masih meributkan soal bahasa. Dia mencontohkan Belgia dan India.

"Kalau kita lihat negara-negara lain, sampai sekarang masih ribut mau perang saudara gara-gara bahasa, sebentar lagi di Eropa kemungkinan besar Belgia akan pecah menjadi satu berbahasa Prancis yang satu berbahasa Wallon. Negara sudah berdiri lama akan pecah masalahnya masalah bahasa. Negara sebesar India masih ribut soal bahasa," katanya.

Prabowo menyebut Indonesia harus bersyukur karena tidak meributkan soal bahasa. Dia menegaskan bahwa seluruh rakyat Indonesia sepakat dengan satu bahasa kebangsaan, yaitu bahasa Indonesia.

"Kita bersyukur hampir 300 bangsa Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai ke Rote, kita bisa semua satu bahasa, bahasa kebangsaan," jelasnya.

Baca berita lengkapnya pada halaman berikut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT