ADVERTISEMENT

Prabowo-Ganjar Beri Selamat, Disertasi Hasto Dinilai Bisa Jadi Referensi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 12:14 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuji disertasi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mengangkat teori geopolitik Presiden RI pertama Sukarno. Prabowo menilai disertasi Hasto relevan dengan situasi geopolitik saat ini.

Apresiasi sejumlah tokoh nasional dirangkum dalam keterangan tertulis dari DPP PDIP. Apresiasi Prabowo terhadap disertasi Hasto disampaikan oleh Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

"Tadi saya berbicara sama beliau (Prabowo) bahwa, kata beliau, apa yang disampaikan Mas Hasto sangat relevan, karena beliau sangat mendalami dan sangat tertarik untuk mengkaji terus beberapa, dan banyak sekali pemikiran-pemikiran Bung Karno dalam hal geopolitik," kata Muzani dalam keterangan tertulis DPP PDIP, Selasa (7/6/2022).

Hasto menjalani sidang terbuka ujian disertasinya di Universitas Pertahanan (Unhan), Sentul, Bogor, kemarin, dan Prabowo hadir secara langsung. Disertasi Hasto berjudul 'Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara'.

Muzani sendiri menilai apa yang disampaikan Hasto dalam disertasinya mengingatkan bahwa Indonesia pernah memiliki seorang pemimpin yang memiliki gagasan-gagasan besar. Mulai gagasan menyatukan Indonesia, menguatkan wilayah, menguatkan pertahanan, hingga gagasan menciptakan perdamaian dunia.

"Bung Karno adalah sosok pemimpin yang berpikir jauh tentang bagaimana peran Indonesia memberi kontribusi pada kerja sama internasional, menciptakan dunia yang damai yang abadi, dan itu telah dikemukakan oleh Mas Hasto dalam disertasi," ujar Muzani.

Teori yang dikemukakan Hasto, menurut Hasto, patut dikaji ulang oleh para pengambil keputusan negara. Baik di bidang pertahanan, kepolisian, intelijen, bahkan di bidang pendidikan.

"Agar teori-teori ini bisa kita pikirkan kembali untuk dilakukan updating terhadap perkembangan-perkembangan dalam situasi kenegaraan ini. Saya kira sangat bermanfaat dan sangat berguna bagi masyarakat dan generasi ke depan," ujar Muzani.

Terpisah, Gubernur Jateng yang juga kader PDIP Ganjar Pranowo menilai disertasi tersebut menunjukkan kegelisahan Hasto atas perubahan geopolitik dan posisi Indonesia.

Ganjar melihat Sukarno selalu peka melihat gelagat perubahan itu. Sejarah mencatat bagaimana sikap Sukarno soal imperialisme dan kolonialisme yang harus dilawan.

"Legacy beliau (Sukarno), seperti Konferensi Asia Afrika yang berdampak pada kemerdekaan bangsa-bangsa di Asia Afrika, mengusir IMF, keluar dari PBB dan sebagainya, sebagai pertunjukan kedaulatan dalam bidang politik," urai Ganjar.

Ganjar menyebut Hasto telah meneliti lebih dalam mengenai diskursus pemikiran geopolitik Sukarno. Baginya, disertasi Hasto dimaksud bisa menjadi referensi para pengambil keputusan dalam politik mutakhir, di mana geopolitik dunia sedang mengalami perubahan.

"Dan Indonesia harus bisa mengambil peluang dari perubahan itu dengan semua potensi yang dimiliki. Selamat buat Mas Hasto," pungkas Ganjar.

Simak pujian dari menteri lainnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT