ADVERTISEMENT

Mahfud di DPR: Airlangga Sudah Bentuk KIB, Kita Pikirkan Pengamanan Pemilu

Matius Alfons - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 11:30 WIB
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md beserta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko PMK Muhadjir Effendy menggelar rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI soal pagu anggaran. Mahfud sempat menyindir Airlangga dalam rapat ini.

Awalnya, Mahfud menjelaskan soal kebutuhan anggaran lembaga-lembaga yang ada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam. Mahfud sempat mengajukan usulan soal tambahan anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebesar Rp 24 miliar.

"Kami juga Bapak yang terakhir ingin usulkan melalui forum yang tepat ini tambahan anggaran sebesar Rp 24 sekian miliar untuk apa? Untuk persiapan pembangunan IKN," kata Mahfud saat rapat bersama Banggar DPR, di gedung DPR/MPR, Senin (6/6/2022).

Mahfud juga meminta usulan anggaran terkait dinamika politik dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2024. Saat inilah Mahfud menyindir Airlangga Hartarto yang telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), sedangkan dirinya yang memikirkan pengamanannya.

"Mulai tahun 2023 sudah akan ramai, Pak. Pak Airlangga sudah bentuk KIB, yang lain sudah mulai memikirkan cetak kaus dan sudah ke mana-mana, kita itu memikirkan pengamanan," ucapnya.

Mahfud lantas meminta tambahan anggaran terkait pengamanan Pemilu 2024 tersebut. Dia meminta tambahan anggaran berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu serentak hingga penyelesaian permasalahan hukum menjelang pemilu.

"Sehingga kami mengusulkan usulan tambahan anggaran, untuk persiapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 sebesar Rp 5.356.400.000 (Rp 5,3 miliar). Kemudian untuk asistensi penyelesaian permasalahan hukum jelang pemilu serentak juga mohon Rp 4.865.190.000 (Rp 4,8 miliar) penyelesaian masalah hukum. Banyak, selesaikan di pengadilan, memantau, mengkoordinasikan, terutama yang menyangkut gugatan-gugatan terhadap pemerintah," ujar dia.

(maa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT