ADVERTISEMENT

KIB Buka Peluang Usung Capres-Cawapres dari Luar Koalisi, Siapa?

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 06:48 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) resmi menandatangani nota kesepakatan. Para ketua umum dan sekretaris jenderal Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menandatangani nota kesepakatan itu.
Foto: KIB menandatangani nota kesepakatan (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP berencana melakukan pertemuan kembali untuk membicarakan langkah selanjutnya. Salah satunya membicarakan Capres-Cawapres yang akan diusung 2024 mendatang.

"Tim dari masing-masing partai akan bertemu lagi secara teknis untuk merumuskan langkah-langkah yang akan dilakukan ke depan. Tentu mengenai nama-nama calon presiden dan calon wakil presiden kita masih belum bisa menyebutkan karena memang harus melewati serangkaian proses seleksi," kata ketua DPP PPP Ahmad Baidowi yang akrab disapa Awiek, kepada wartawan, Minggu (5/6/2022).

Awiek mengatakan untuk menentukan nama Capres akan dilakukan seleksi dan atas persetujuan partai koalisi. Dia menyebut KIB membuka peluang terhadap seluruh tokoh yang dinilai berpotensi untuk maju sebagai Capres dan Cawapres, termasuk tokoh dari luar koalisi.

"Mekanisme seleksinya akan ditentukan tiga partai politik, perwakilan parpol untuk menyusun langkah-langkah tehnis. Pada prinsipnya KIB terbuka kepada semua tokoh bangsa yang memiliki potensi untuk maju sebagai presiden dan wakil presiden," ujarnya.

"KIB tidak membatasi harus dari parpol ataupun dari non parpol baik itu figur parpol maupun non parpol semua memiliki kesempatan yang sama berangkat dari KIB," lanjutnya.

KIB Tanda Tangan Nota Kesepakatan

Sebelumnya, KIB resmi menandatangani nota kesepakatan. Para ketua umum dan sekretaris jenderal Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menandatangani nota kesepakatan itu.
Koalisi itu berharap hiruk pikuk politik di tahun 2024 dapat berjalan tentram dan damai. Dengan begitu, tidak ada lagi perpecahan di antara masyarakat.

"Malam ini menjadi malam yang bersejarah karena kami bertiga Partai Golkar, PAN dan PPP menandatangani kerja sama," ujar Ketum Golkar Airlangga Hartarto kepada wartawan di Hutan Plataran, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (4/5).

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan ke depan KIB bakal memprioritaskan politik yang tentram. Tujuannya agar tak lagi ada perpecahan di antara masyarakat.

Prioritas KIB dalam Pemilu 2024 nanti pun berkaitan dengan kesatuan. Harapannya, kata Airlangga, rakyat dapat bersatu dan pihaknya terus mementingkan kepentingan rakyat.

Simak video 'KIB Buka Peluang Usung Capres dari Luar Anggota Koalisinya':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT