ADVERTISEMENT

Projo Hadir di Acara KIB, PDIP Tak Takut Suara Pendukung Jokowi Pindah

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 05 Jun 2022 20:16 WIB
Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto (Foto: dok. PDIP)
Jakarta -

Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi tampak menghadiri acara silaturahmi nasional (silatnas) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi oleh Golkar, PAN, dan PPP. PDI Perjuangan mengaku tak mau mencampuri urusan 'rumah tangga' partai politik lain, termasuk Projo.

"Bagi PDIP, dalam konteks pilpres, konstitusi mengatakan pasangan capres-wakil presiden itu diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik, sehingga kami tidak mencampuri rumah tangga orang, termasuk Projo," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022).

Hasto menerangkan, dalam hal ini, Projo sifatnya adalah sebagai relawan. Kecuali, kata Hasto, mereka memiliki keberanian untuk mendeklarasikan diri sebagai partai politik.

"Projo adalah relawan, kecuali dia men-declare sebagai partai politik kalau punya keberanian," kata Hasto.

Hasto menegaskan PDIP tidak takut kehilangan suara dari pendukung Jokowi setelah Ketum Projo menghadiri silatnas KIB itu. Justru, kata Hasto, PDIP akan takut jika kinerja yang ditunjukkan para kader tidak diterima rakyat.

"PDIP lahir dari suatu proses gemblengan yang panjang. Kantor partai kami pernah diserang, sehingga nggak ada (ketakutan). Ketakutan kami kalau seluruh kinerja yang ditunjukkan oleh PDIP tidak diterima oleh rakyat," ungkap Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menyoroti KIB yang dibentuk oleh Golkar, PAN, dan PPP itu belum memiliki calon presiden yang diusung. Kendati demikian, Hasto itu tak mau campur tangan terkait urusan tersebut.

"Ya karena masalahnya di situ, tetapi itu kan sekali lagi kami tidak campur tangan. Itu adalah strategi masing-masing," katanya.

Ketum Projo Hadiri Acara KIB

Ketua Projo Budi Arie Setiadi tampak hadir di acara silatnas KIB. Budi Arie duduk sejajar dengan para ketua umum partai politik KIB.

Sementara itu, Ketum Golkar Airlangga Hartarto enggan berkomentar terkait kehadiran Budi Arie. Hanya, dia mengatakan KIB punya tahapan sendiri dalam menuju Pilpres 2024.

"Nanti Pak Budi Arie yang akan menjawab. Tapi yang saya bilang tadi ini ada chapter-chapter sendiri," ujar Airlangga.

Budi Arie pun tak banyak berkomentar. Dia hanya tersenyum dan bersikap ramah kepada wartawan yang hadir di lokasi.

(whn/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT