ADVERTISEMENT

Aftech Tegaskan Tak Terkait Kasus Dugaan Penipuan Rionald Soerjanto

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 18:58 WIB
Rionald Anggara Soerjanto (tengah). (Rakha/detikcom)
Rionald Anggara Soerjanto (tengah). (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) buka suara terkait pemeriksaan yang dijalani Rionald Anggara Soerjanto atas dugaan penipuan dan penggelapan. Aftech menegaskan tidak terkait dengan kasus tersebut.

"Pemberitaan mengenai pemanggilan atas nama Bapak Rionald Anggara Soerjanto sebagai saksi terlapor di Bareskrim yang terjadi pada Kamis, 2 Juni 2022, adalah masalah pribadi dan perusahaan, yang tidak terkait dengan Aftech," kata Sekretaris Jenderal Aftech Budi Gandasoebrata dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/6/2022).

Budi menekankan Aftech selalu mengedepankan integritas dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Aftech, menurutnya, tidak menoleransi tindakan melawan hukum.

"Industri fintech selalu mengedepankan prinsip-prinsip tata kelola industri yang baik dan selalu menjunjung integritas untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap ekosistem layanan digital. Semua tindakan melawan hukum tidak ditolerir dalam industri fintech," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi menegaskan posisi Rionald Anggara Soerjanto adalah Kepala Departemen Digital ID dan Digital Signature Aftech. Bukan Ketua Aftech seperti yang diberitakan sebelumnya.

"Penyebutan Bapak Rionald sebagai Ketua Aftech tidak tepat karena posisi Bapak Rionald adalah Kepala Departemen Digital ID dan Digital Signature Aftech, bukan Ketua Aftech," ucapnya.

Budi juga menyampaikan Aftech memiliki mekanisme penegakan hukum internal. Hal itu berlaku bagi anggota Aftech yang melanggar tata tertib dan kode etik.

"Sebagai asosiasi industri, Aftech memiliki mekanisme internal terkait penegakan kepatuhan terhadap tata tertib dan kode etik bagi pengurus dan seluruh anggota Aftech," tutur Budi.

Lihat juga video 'Polri Telah Periksa 64 Saksi dan 10 Ahli Terkait Kasus Doni Salmanan':

[Gambas:Video 20detik]



Rionald diperiksa Bareskrim, simak selengkapnya di halaman berikut



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT