ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Warga Terhalang Tembok SMKN 69, Keberpihakan Pemprov DKI Ditagih

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 15:49 WIB
Anggota DPRD Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak
Anggota DPRD DKI dari PDIP, Johnny Simanjuntak (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Warga di belakang SMKN 69 Jakarta masih terhalang tembok sekolahan itu. Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Johnny Simanjuntak, menagih keberpihakan Pemprov DKI Jakarta.

"Kita juga harus sadar, kepentingan wilayah pendidikan kan harus steril. Tapi jangan juga masyarakat jadi tertutup dan masyarakat terlunta-lunta. Masyarakat juga harus diutamakan. Harus ada keberpihakan kepada masyarakat juga," kata Johnny, yang juga Sekretaris Fraksi Komisi E DPRD DKI, Jumat (3/6/2022).

Tembok SMKN 69 Jaktim yang halangi akses rumah warga. 19 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)Tembok SMKN 69 Jaktim yang halangi akses rumah warga. 19 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Warga yang terhalang tembok SMKN 69 Jakarta beralamat di RT 11 RW 007, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Tembok melingkar SMKN 69 dibangun bertahap sejak 2019, namun pada 14 April lalu tembok itu kemudian menutup akses rumah salah satu warga.

"Warga tinggal di sana lebih dahulu. Artinya, kepentingan mereka juga harus dipikirkan. Mereka juga tidak tinggal di tanah negara, tapi tanah yang mereka miliki," tanggap Johnny.

Permukiman di sebalik tembok SMKN 69, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, RT11/RW7, 21 April 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Permukiman di balik tembok SMKN 69, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, RT 11 RW 7, 21 April 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Warga secara bersama-sama mengadukan masalahnya ke Komisi E DPRD DKI, diterima oleh staf Komisi E pada 28 April lalu. Sampai sekarang, akses warga masih terhalang tembok SMKN 69 itu.

"Saya akan tanyakan (ke Dinas terkait)," kata Johnny yang mempersilakan warga mengadu kepadanya.

Warga RT11/RW7 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung mengadu ke DPRD DKI karena akses rumah terhalang tembok SMKN 69,  28 April lalu. (Dok warga via Bresman Marboen)Warga RT11 RW 7 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, mengadu ke DPRD DKI karena akses rumah terhalang tembok SMKN 69, 28 April lalu. (Dok. warga via Bresman Marboen)

Lantas apa kabar aduan warga ke Komisi E pada 28 April lalu? "Belum disampaikan staf komisi E kepada kita. Tapi kita tidak boleh terlalu berlama-lama untuk merespons pengaduan warga. Harus ada kejelasan," kata Johnny.

(dnu/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT