detikcom Do Your Magic

Wagub DKI Bakal Cari Solusi soal Tembok SMKN 69 Halangi Warga

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 17:58 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Foto: Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga RT 11 RW 007, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur mengaku aksesnya terhalang oleh SMKN 69 Jakarta, di Jakarta Timur. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut bakal mencari solusi masalah tersebut.

"Prinsipnya kita akan beri akses seluas-luasnya ke masyarakat ya dan sebaik-baiknya termasuk soal akses jalan kalau terhalang tembok sekolah," ujar Riza di Kantor Balaikota DKI, Jumat (13/5/2022).

Dia mengatakan akan mencari solusi terbaik dalam penanganan tersebut. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak mengganggu kepentingan masyarakat dan juga pendidikan.

"Ya sejauh mana akses jalan itu bisa bantu masyarakat tapi juga jangan mengganggu proses belajar-mengajar sebelum tau detail persisnya kami akan cek kembali. Prinsipnya nanti kita akan cari solusi terbaik bagi kepentingan masy luas dan juga kepentingan pendidikan," jelas Riza.

Permukiman di sebalik tembok SMKN 69, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, RT11/RW7, 21 April 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Permukiman di sebalik tembok SMKN 69, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, RT11/RW7, 21 April 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom) Foto: Permukiman di sebalik tembok SMKN 69, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, RT11/RW7, 21 April 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI menyatakan tembok SMKN 69 berdiri di lahan aset negara, yakni aset milik Pemprov DKI Jakarta. Tembok itu dikeluhkan warga lantaran menghalangi akses menuju rumah. Warga menanggapi pernyataan Disdik DKI bahwa tembok itu berdiri melindungi aset negara.

"Ya kalau tanah negara tapi kan ada manusianya. Kita kan perlu jalan. Sekarang banyak orang dan manusianya. Memang nggak diakui manusianya?" kata M Yamin selaku Ketua RT 11 RW 007 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, kepada detikcom, Jumat (22/4/2022).

Dia berharap warga RT-nya dibukakan jalan dari seberang SMKN 69 dekat MTs Negeri 31 yang selama ini terhalang tembok SMKN 69. Dengan jalan itu, mobilitas warga RT 11 akan sangat terbantu.

"Kalau misalnya dikasih jalan motor bisa simpangan saja, alhamdulillah banget," kata Yamin.

Warga Mengadu ke DPRD

Warga yang akses rumahnya terhalang tembok SMKN 69 Jakarta telah mengadu ke wakil rakyat. Warga berharap solusi segera datang.

SMKN 69 Jakarta ada di Jl Swadaya Rawabadung, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Di belakangnya, ada permukiman warga RT 11 RW 007 Kelurahan Jatinegara.

Salah satu warga yang akses rumahnya terhalang tembok SMKN 69 Jakarta, Bresman Marboen, mengabarkan warga telah menyampaikan surat pengaduan ke DPRD DKI Jakarta pada 28 April 2022.

"Aduan kami diterima oleh Mujiono, Sekretariat Komisi E, di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat," kata Marboen kepada detikcom.

Dalam surat ke DPRD, termuat penjelasan warga RT 11 soal terhalangnya akses mereka oleh tembok SMKN 69 Jakarta. Masalah dimulai sejak 2019 saat pihak SMK mulai membangun tembok. Warga menyatakan lahan yang dibangun tembok itu adalah lahan kosong pada mulanya, lahan itu menjadi akses yang digunakan warga, termasuk anak sekolah, pekerja, dan pengguna kendaraan untuk beraktivitas.

(ain/aik)