ADVERTISEMENT

Kemenkes soal 8 Warga Jaksel Diduga Kena Virus Tikus: Cenderung Cikungunya

Antara - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 15:08 WIB
Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) (dok Kemenkes)
Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) (Dok. Kemenkes)
Jakarta -

Delapan warga Cilandak, Jakarta Selatan (Jaksel), disebut terpapar virus dari tikus. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap gejala yang dialami warga lebih mengarah ke cikungunya.

"Ternyata delapan penduduk itu lebih cenderung cikungunya," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes RI Maxi Rondonuwu seperti dilansir Antara, Jumat (3/6/2022).

Hal itu diucapkannya setelah menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022 di Lapangan Upacara Kemenkes RI, Jakarta. Dia mengatakan gejala demam dan bercak merah pada kulit yang dialami warga Cilandak tersebut mengarah pada dugaan cikungunya.

Maxi mengatakan tim dari Kemenkes telah melakukan penyelidikan epidemiologi di lokasi kejadian dengan memeriksa spesimen pasien maupun hewan tikus yang diambil lewat swab.

Kemenkes masih menunggu hasil pemeriksaan spesimen tikus untuk memastikan lebih lanjut penyebab sakit yang dialami warga. Saat ini spesimen tikus masih diperiksa tim laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Update untuk di Kelurahan Cipete Selatan, Cilandak, kita sedang lakukan swab ke tikus dalam rangka kewaspadaan dini untuk penyakit yang berpotensi ditularkan tikus," kata Maxi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah terus meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penyakit yang ditularkan hewan ke manusia melalui pendekatan one health antara lingkungan, manusia, dan hewan.

"Beberapa virus memang loncat dari hewan ke manusia. Kita bangun sistem kerja sama dengan Kementerian Pertanian terhadap semua virus yang ada," kata Budi.

Kemenkes dan Kementan akan melakukan surveilans bersama terhadap risiko penularan penyakit dari hewan ke manusia. "Tidak usah terlalu panik, seperti wabah black death sudah ratusan tahun lalu," katanya.

Simak video 'Wagub Pastikan 8 Warga DKI Kena Virus dari Tikus Hoax!':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT