ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Sosok Advokat di Balik Kemenangan Wenny Vs Rezky Aditya Soal Anak Biologis

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 09:26 WIB
Rezky Aditya
Rezky Aditya (dok.detikHOT)
Jakarta -

Pengadilan Tinggi (PT) Banten memutuskan anak Wenny Ariani adalah anak biologis Rezky Aditya, sepanjang Rezky tidak bisa membuktikan sebaliknya. Putusan ini dibuat agar si anak mendapat perlindungan hukum keperdataan kepada ayah biologisnya. Tapi siapa advokat di balik kemenangan Wenny?

Dalam catatan detikcom, Jumat (3/6/2022), advokat itu adalah Rusdianto Matulatuwa. Ia menjadi tim leader pengacara yang membuat formula berbagai argumen hukum sehingga anak Wenny bisa punya hak keperdataan dengan ayah biologisnya. Dalam gugatan keperdataan, pengacara memiliki peran utama karena yang mengkonstruksikan permasalahan/kasus dan membangunnya dalam argumen hukum sehingga bisa meyakinkan hakim. Apalagi dalam hukum perdata, hakim bersifat pasif.

Namun bukan perkara mudah bagi Rusdianto membangun konstruksi hukum soal hak keperdataan anak terhadap ayah biologis. Bermula saat Rusdianto menjadi advokat Machicha Mochtar.

Rusdianto MatulalatuwaRusdianto Matulalatuwa (dok.ist)

Saat itu, Machica mewakili anaknya, Iqbal menggugat hak keperdataan terhadap ayah biologisnya, mantan Mensesneg Moerdiono. Di mana Machica dan Moerdiono menikah siri pada 20 Desember 1993.

Gugatan terpaksa dilayangkan karena keluarga besar Moerdiono mengadakan jumpa pers pada 2008. Dalam jumpa pers itu, keluarga besar Moerdiono mengadakan jumpa pers, yang isinya tidak mengakui Iqbal sebagai anak Moerdiono.

Simak juga 'Citra Kirana Unggah Foto Akad Nikah di Tengah Masalah Rumah Tangganya':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT