Ini Putusan MK di Balik Vonis 'Putri Wenny Anak Biologis Rezky Aditya'

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 10:22 WIB
Rezky Aditya
Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Pengadilan Tinggi (PT) Banten memutuskan putri Wenny Ariani adalah anak biologis Rezky Aditya sepanjang Rezky Aditya tidak bisa membuktikan sebaliknya. PT Banten memutuskan hal itu berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Apa isi putusan MK itu?

Alasan PT Banten mengabulkan banding penggugat yaitu majelis hakim mengacu kepada payung hukum putusan putusan MKNo46/PUU-VIII/2010. Hal ini juga dijelaskan oleh saksi ahli penggugat, Ariest Merdeka Sirait yaitu anak yang lahir di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya dan serta dengan ayahnya yang dapat dibuktikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Berdasarkan alasan itu, PT Banten berpendapat bahwa seorang anak perempuan itu adalah anak biologis terbanding/tergugat hingga terbanding/tergugat bisa membuktikan sebaliknya," ucap jubir PT Banten, Binsar Gultom.

Tidak adil manakala hukum menetapkan bahwa anak yang lahir dari suatu kehamilan karena hubungan seksual di luar perkawinan hanya memiliki hubungan dengan ibunya. Mahkamah Konstitusi

Lalu apa putusan MK yang dimaksud?

Putusan itu atas permohonan Machicha Mochtar dengan didampingi advokat Rusdianto Matulatuwa. Machica menikah siri dengan Moerdiono yang saat itu Mensesneg pada 20 Desember 1993.

Pernikahan ini membuahkan M Iqbal Ramadhan. Namun pernikahan ini tidak berlangsung lama, berakhir 1998. Pada Juli 2008, keluarga besar Moerdiono mengadakan jumpa pers, yang isinya tidak mengakui Iqbal sebagai anak Moerdiono.

Pada 2010, Machicha berjuang lewat MK untuk mendapatkan pengakuan tentang status hukum Iqbal. Perjuangan Machicha berakhir dengan kemenangan. Sementara, Moerdiono telah tutup usia pada 7 Oktober 2011 karena sakit.

Di putusannya, MK menyatakan pasal 43 ayat (1) UU No 1/1974 tentang Perkawinan diubah dan menjadi:

Anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya serta dengan laki-laki sebagai ayahnya yang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah, termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayahnya.

Lihat video 'Perjalanan Kasus Gugatan Pengakuan Anak Wenny Ariani kepada Rezky Aditya':

[Gambas:Video 20detik]