ADVERTISEMENT

Uji Publik Hoegeng Awards 2022

Ipda Purwanto Gulirkan Kampung Sayur dan Sedekah ke Ratusan Panti Asuhan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jun 2022 13:42 WIB
Ipda Purwanto Bersama Warga
Ipda Purwanto Bersama Warga (Dok istimewa)
Jakarta -

Polisi di Sulawesi Selatan ini mendedikasikan diri untuk membina para petani sekaligus menyalurkan hasil bumi ke seratus panti asuhan. Jasanya diingat oleh warga setempat.

Polisi itu adalah anggota Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan, Ipda Purwanto. Dia menjadi salah satu kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 dalam kategori Polisi Berdedikasi.

Kampung Sayur

Cerita soal Ipda Purwanto disampaikan oleh Jamaluddin yang merupakan warga desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa, Sulawesi Selatan. Dia menceritakan, Ipda Purwanto telah membina kelompok tani di dua desa, yakni di Kecamatan Tinggimoncong dan Kecamatan Tombolo Pao.

"Pak Purwanto ini melahirkan konsep 'kampung sayur'. Jadi di kabupaten saya itu ada dataran tinggi, di dataran tinggi itu ada dua kecamatan yang menjadi lokasi binaan Pak Purwanto itu sendiri. Dua lokasi ini lah yang kemudian konsep pertanian organik itu coba dijalankan. Kemudian program-program sedekah sayur itu berasal dari situ," kata Jamaluddin.

Jiwa sosial Ipda Purwanto dinilainya luar biasa. Ipda Purwanto yang bermarkas di Kota Makassar rela menempuh perjalanan sekitar 100 km selama tiga jam ke kampung di Gowa, demi mengurusi program kampung sayur dan distribusinya. Bahkan, Ipda Purwanto dinyatakannya merogoh kocek sendiri untuk menjalankan misinya.

"Jadi semangat Pak Pur ini menjadi motivasi di kami, saya sebagai perwakilan petani. Kemudian melihat bahwa seorang anggota polisi saja yang sudah punya pangkat, dia sudah punya gaji, punya jabatan, tapi masih mau melakukan kegiatan-kegiatan sosial," ucap Jamaluddin. Kegiatan kampung sayur ini sudah berjalan sejak Mei 2020.

Ipda Purwanto Bersama WargaIpda Purwanto Bersama Warga Foto: Ipda Purwanto Bersama Warga (Dok istimewa)

Sedekah Sayur

Sedekah sayur dijalankan Purwanto ke banyak panti asuhan kawasan Kota Makassar. Sayuran dari petani didistribusikannya supaya bermanfaat.

"Program berbagi sayur di Sulsel mampu tembus di angka 100 panti asuhan. Di masa sulit di tengah COVID-19, Ipda Purwanto terus. melakukan kegiatan berbagi sayur ke banyak panti-panti asuhan di Sulsel," kata Jamaluddin.

Ipda Purwanto rela mengorbankan waktu luangnya demi menjalankan kegiatan sosial ini. Masyarakat menjadi simpati kepadanya.

"Padahal Pak Purwanto ini seharusnya berkumpul dengan keluarganya atau berlibur tapi justru dia luangkan waktunya ngambil sayur, panen bersama dengan petani-petani mengangkat sayur dari lahan petani yang jaraknya sekitar 1-2 km, kami bersama-sama dengan Pak Purwanto mengangkat (sayuran)," ujarnya.

Uji Publik Hoegeng Awards

Saat ini agenda Hoegeng Awards 2022 adalah uji publik terhadap 9 besar kandidat, yang salah satunya adalah Ipda Purwanto. Pembaca yang memiliki tambahan informasi baik sisi positif maupun negatif soal Ipda Purwanto bisa memberi masukan. Masukan bisa dikirim ke e-mail redaksi@detik.com dengan subjek Hoegeng Awards 2022. Redaksi menjamin kerahasiaan identitas pembaca detikcom yang mengirimkan masukan tersebut.

(dnu/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT