ADVERTISEMENT

Uji Publik Hoegeng Awards 2022

Aipda Rohimah Berdedikasi Bantu Kaum Jompo dengan Geserin

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 06:57 WIB
Kanit Binmas Polsek Muaragembong, Aipda Rohimah.
Aipda Rohimah (Dok. istimewa)
Jakarta -

Di pojok utara Bekasi, ada Aipda Rohimah yang berjuang membantu kaum jompo kurang beruntung. Dia menggulirkan program Geserin.

Geserin adalah singkatan dari Gerakan Seribu Koin. Program itu digulirkan Aipda Rohimah selaku Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Muara Gembong. Kini, Aipda Rohimah menjadi salah satu kandidat penerima Hoegeng Awards 2022, kategori Polisi Berdedikasi.

Geserin atau Gerakan Seribu Koin berbentuk pengumpulan koin-koin demi membantu hidup orang-orang lanjut usia di bawah garis kemiskinan. Ide ini tercetus tatkala Aipda Rohimah melihat koin tercecer di jalanan. Di sisi lain, dia juga terenyuh melihat kakek-kakek dan nenek-nenek meninggal dunia dalam kondisi sebatang kara.

"Itu yang membuat saya tergerak, ketika ada nenek-nenek di salah satu ujung Muara, tapi sekarang sudah meninggal. Itu dia sebatang kara. Terus kubilang (dalam hati), 'Kenapa kita tidak bisa berbuat, menyalurkan itu untuk bergerak'," cerita Aipda Rohimah kepada detikcom, Rabu (23/5) lalu.

Kanit Binmas Polsek Muaragembong, Aipda Rohimah.Kanit Binmas Polsek Muaragembong, Aipda Rohimah. Foto: dok. istimewa

Kebutuhan orang-orang sepuh dia usahakan untuk dicukupi. Bahkan dia pernah memperjuangkan kasur untuk seorang nenek yang hidup sebatang kara. Dia melakukan aksi nyata di lingkungan sosial karena dia sudah bertekad dan berjanji kepada Allah SWT.

"Janji saya sama Allah ketika jadi polisi, saya akan membantu orang-orang yang tidak mampu. Kita berbuat baik itu nggak mesti nunggu kita kaya. Saya masih kekurangan tapi insyallah saya bisa (membantu)," cerita Aipda Rohimah

Warga mengusulkan agar Aipda Rohimah diberi penghargaan Hoegeng Awards 2022. Ada Sejati Agung Santoso yang bersaksi bahwa Aipda Rohimah merupakan polwan yang berjiwa sosial tinggi dan hidup sederhana.

"Kegiatannya itu berbagi sembako ke warga miskin yang membutuhkan, nenek-nenek, ya janda-janda itu biasanya, orang nggak mampulah. Itu pas waktu pembagian kadang saya tahu langsung pas kondisi lewat, soalnya kondisinya rumahnya berdekatan dengan daerah-daerah sekitar situ, sama warga sekitar," ujar Sejati.

Ada pula David Arisandi yang memberikan testimoni. Dia menilai Aipda Rohimah adalah polisi yang patut diteladani.


Uji publik Hoegeng Awards

Saat ini agenda Hoegeng Awards 2022 adalah uji publik terhadap 9 besar kandidat, yang salah satunya adalah Aiptu Rohimah. Pembaca yang memiliki tambahan informasi baik sisi positif maupun negatif soal Aiptu Rohimah bisa memberi masukan. Masukan bisa dikirim ke email redaksi@detik.com dengan subjek Hoegeng Awards 2022. Redaksi menjamin kerahasiaan identitas pembaca detikcom yang mengirimkan masukan tersebut.

(dnu/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT