ADVERTISEMENT

Uji Publik Hoegeng Awards 2022

Dedikasi Aipda Agung Gede: Gencarkan Literasi dan Merawat Lingkungan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Jun 2022 14:09 WIB
Aipda Agung Gede Asmarajaya, olisi pejuang literasi di Lampung Selatan
Aipda Agung Gede Asmarajaya bersama anak-anak di Lampung Selatan. (Dok. istimewa)
Jakarta -

Aipda Agung Gede Asmarajaya masuk sebagai salah satu kandidat penerima Hoegeng Awards 2022. Jasanya adalah menggencarkan literasi dan berperan merawat lingkungan di Lampung Selatan sudah dilakoni sejak 2012.

Aksi nyata di bidang sosial dan lingkungan ini dilakoni Aipda Agung Gede Asmarajaya, anggota Satuan Polair Polres Lampung Selatan. Warga desa tahu betul karakter Aipda Agung yang peduli terhadap kondisi di wilayahnya.

"Pak Agung merupakan sosok polisi yang dekat dengan masyarakat, beliau seringkali membantu warga tidak mampu melalui program bedah rumah, bagi-bagi sembako, hingga mengadakan sunatan massal secara gratis," kata warga Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni, Yodistira Nugraha, kepada detikcom, Rabu (30/3).

Berikut adalah aksi nyata Aipda Agung:

1. Gagas Jangkar Pustaka

Jangkar Pustaka adalah nama komunitas penyuluh literasi di masyarakat Lampung Selatan. Lewat Jangkar Pustaka, masyarakat berkegiatan meningkatkan minat baca dari anak-anak dan warga pada umumnya.

"Saya sama relawan berinisiasi membawa buku-buku ke masyarakat. Saya merasa ada kesenjangan akses buku di sini dengan masyarakat lain, kan kalau di pendidikan tinggi tidak ada tes khusus masyarakat terpencil dan lain-lain, semuanya sama," kata Aipda Agung kepada detikcom.

Ia bertekad untuk terus bisa memberi manfaat kepada masyarakat sebagai cara pengabdiannya menjadi polisi. Aipda Agung teringat atas pesan seniornya bahwa 'kita adalah apa yang sudah kita lakukan'.

Aipda Agung Gede Asmarajaya, olisi pejuang literasi di Lampung SelatanAipda Agung Gede Asmarajaya, polisi pejuang literasi di Lampung Selatan (Foto: dok. istimewa)

2. Peduli lingkungan

Aipda Agung juga peduli terhadap lingkungan sekitar. Dia menanam terumbu karang di perairan Lampung Selatan itu. Hal ini disampaikan oleh warga setempat bernama Yodistira Nugraha.

Selain terumbu karang, Aipda Agung juga peduli terhadap kelestarian penyu. Yodistira mengatakan Aipda Agung kerap merogoh kocek sendiri untuk membantu kegiatan masyarakat untuk pelestarian penyu. Aipda Agung menanggapi.

"Dana untuk kegiatan sosial selama ini dari pribadi dan penggalan donasi dari kawan-kawan relawan," tambahnya.

Aipda Agung Gede Asmarajaya, olisi pejuang literasi di Lampung SelatanAipda Agung Gede Asmarajaya, polisi pejuang literasi di Lampung Selatan (Foto: dok. istimewa)

3. Peduli masyarakat kurang mampu

Tak hanya berperan lewat program literasi, Aipda Agung dikenal masyarakat setempat juga sebagai sosok yang peduli terhadap masyarakat kurang mampu. Beberapa warga pernah merasakan kebaikan dari Aipda Agung.

"Jadi beberapa kali ada kejadian bencana alam seperti di Lampung baik tsunami, Palu, Lombok, itu dia aktif menggalang bantuan. Terus dia ngontak ke teman-temannya 'ayo bantu bantu bantu'. Selain itu juga, beberapa warga di sini udah ngerasain lah gimana kiprah dia dalam membantu bedah rumah, mengadakan sunatan massal gratis," kata Yodistira.

Uji Publik Hoegeng Awards

Saat ini agenda Hoegeng Awards 2022 adalah uji publik terhadap 9 besar kandidat, yang salah satunya adalah Aipda Agung Gede Asmarajaya. Pembaca yang memiliki tambahan informasi baik sisi positif maupun negatif soal Aipda Agung bisa memberi masukan. Masukan bisa dikirim ke e-mail redaksi@detik.com dengan subjek Hoegeng Awards 2022. Redaksi menjamin kerahasiaan identitas pembaca detikcom yang mengirimkan masukan tersebut.

Simak juga 'Kompolnas Harap Sosok Polwan Bisa Muncul di Hoegeng Award 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT