ADVERTISEMENT

5 Fakta Perdana Jokowi Peringati Harlah Pancasila di Luar Jawa

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jun 2022 06:34 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi rumah pengasingan presiden pertama RI, Soekarno, di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022) waktu setempat.
Foto: Dok. Setpret/Laily Rachev
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan peringatan hari lahir Pancasila di wilayah Kabupaten Ende, NTT. Momen ini merupakan yang pertama bagi Jokowi memperingati peringatan hari lahir Pancasila di luar Jawa.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi pun sempat memimpin upacara hari lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Ende, NTT. Jokowi hadir didampingi oleh Iriana Joko Widodo dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat di NTT.

Sebelum melakukan upacara, Jokowi juga sempat mengunjungi beberapa tempat. Beberapa di antaranya yakni Rumah Pengasingan dan Taman Renungan Sukarno.

Berikut ini 5 fakta Jokowi peringati harlah Pancasila di Ende NTT:

1. Jokowi Ajak Anak Bangsa Bumikan Pancasila

Presiden Jokowi, dalam momen hari lahir Pancasila sempat menyampaikan beberapa pesan. Salah satunya yakni mengajak seluruh anak bangsa membumikan Pancasila.

"Bapak ibu hadirin yang saya hormati, dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Jokowi saat menyampaikan amanat dalam upacara itu, Rabu (1/6/2022).

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," tambahnya.

Jokowi mengingatkan bahwa Pancasila harus betul-betul diamalkan dan diperjuangkan. Menurutnya, Pancasila harus diwujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan Indonesia.

"Kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar-sesama anak bangsa. Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi... manfaatnya oleh tumpah darah Indonesia," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Jokowi: Pancasila Bintang Penuntun Bangsa Hadapi Tantangan dan Ujian':

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT