ADVERTISEMENT

Musnahkan Barang Bukti, Kejari Jakbar Bakar Puluhan Kilogram Narkotika

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 20:12 WIB
Pemusnahan barang bukti Kejari Jakarta Barat
Pemusnahan barang bukti Kejari Jakarta Barat (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat memusnahkan barang bukti tindak pidana narkotika. Puluhan kilogram obat terlarang dibakar.

"Kita melaksanakan ketetapan hakim yang sudah diatur sesuai undang-undang bahwa barang bukti hasil tindak kejahatan yang sudah diputuskan vonisnya di pengadilan harus dimusnahkan untuk mencegah disalahgunakan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Jakbar Dwi Agus Arfianto dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

Dwi mengatakan pemusnahan barang bukti tersebut telah berkekuatan hukum. Dia menyebut seluruh barang bukti yang disita tersebut berasal dari wilayah Jakarta Barat.

Barang bukti yang dibakar berupa narkoba dan psikotropika. Sedangkan barang bukti lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar dan dihancurkan oleh mesin penghancur.

"Barang bukti yang dimusnahkan diantaranya sabu seberat 509,8053 gram, ganja seberat 1.424,1231 gram, narkotika jenis MDMB 4-en PINACA seberat 40,5861 gram, narkotika jenis tablet MDMA seberat 17,6392 gram dan jenis tablet Alprazolam seberat 0,212 gram dan berbagai senjata tajam hasil kejahatan," katanya.

Sementara itu, Kasi PB3R Kejari Jakbar Fariando Rusmand mengatakan pemusnahan barang bukti merupakan kegiatan rutin yang dilakukan. Menurutnya, hal itu agar barang bukti yang diamankan tidak disalahgunakan.

"Kami musnahkan agar tidak dipersalahgunakan lagi," katanya.

Simak juga '12 Orang Dibekuk, Hendak Edarkan 12 Ribu Obat Terlarang di Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT