ADVERTISEMENT

Gus Muhaimin Dukung Gelar Pahlawan Nasional Syekh Sulaiman Arrasuli

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 20:05 WIB
Abdul Muhaimin Iskandar
Foto: PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mendukung penyematan gelar Pahlawan Nasional untuk Syekh Sulaiman Arrasuli. Tokoh yang juga dikenal dengan nama Inyiak Canduang ini adalah pendiri Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti).

Muhaimin menilai Inyiak Canduang telah memberikan sumbangsih dan kontribusi di bidang pendidikan, agama, sosial, dan perjuangan bangsa.

"Pada kesempatan ini juga saya mengusulkan yang mulia Syekh Sulaiman Arrasuli sebagai Pahlawan Nasional, kita semua tahu bahwa Syekh Sulaiman Arrasuli adalah pejuang dan perintis kemerdekaan Republik Indonesia dan pendiri Perti," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini juga menyampaikan selamat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Perti yang ke-94 tahun. Ia berharap Perti tetap konsisten dan berjuang mewujudkan peradaban bangsa yang mulia dan maju sebagaimana semangat pendirinya.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun Perti ke-94, kita semua bersaksi bahwa Petri adalah organisasi yang terus konsisten berjuang di bidang pendidikan, dakwah dan sosial," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin ini menilai momentum menjelang usia ke 100 tahun Perti menjadi momentum untuk menggaungkan dorongan kepada pemerintah agar segera menetapkan Inyiak Canduang sebagai Pahlawan Nasional.

"Perti sebentar lagi akan memasuki usia 100 tahun. Kiprahnya dari dulu sampai sekarang masih tetap konsisten. Karena itu saya berharap betul momentum ini menjadi dorongan yang lebih kuat agar Inyiak Canduang, pendiri Perti segera ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional," tandasnya.

Untuk diketahui, Syekh Sulaiman Arrasuli merupakan pendiri sekolah/pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Candung yang sampai sekarang telah menghasilkan ribuan alumni yang berkiprah di berbagai bidan. Ia tidak hanya mengabdikan diri dalam dunia pendidikan, tapi juga berperan di bidang dakwah, sosial masyarakat, dan lain sebagainya.

Berbagai organisasi telah digagas oleh Syekh Sulaiman Arrasuli, seperti Ittihadul Ulama Minangkabau, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Mahkamah Syari'ah di Sumatera Tengah. Ia juga diamanahi sebagai Ketua Sidang Konstituante Pertama RI yang menjadi media perjuangannya. Baik dalam merebut maupun dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Simak juga 'Kode PKS untuk Cak Imin, Anies, AHY di Milad ke-20: Siapa Tahu Jodoh':

[Gambas:Video 20detik]



(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT