ADVERTISEMENT

PAN Ajak Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, PKB Ungkit Pesan Cak Imin

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 07:54 WIB
Daniel Johan
Foto: Daniel Johan. (Nur Azizah/detikcom).
Jakarta -

PKB menyambut baik ajakan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). PKB menyampaikan akan selalu terbuka dan mengintensifkan komunikasi dengan partai lain.

"Tentu menyambut baik apalagi koalisi ini untuk kebaikan Indonesia, PKB akan selalu terbuka dengan sahabat-sahabat partai, kita akan intensifkan komunikasi, saling berbagi dan menajamkan visi-misi untuk Indonesia masa depan," kata Ketua DPP PKB Daniels Johan kepada wartawan, Minggu (29/5/2022).


Daniel mengungkit ucapan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bahwa kolaborasi bahu membahu merupakan kunci dari kemajuan Indonesia. Dia menyebut keputusan PKB bergabung atau tidak perlu melihat komunikasi yang berjalan dalam beberapa bulan ke depan.

"Sesuai yang disampaikan Cak Imin bahwa kolaborasi bahu membahu adalah kunci untuk kemajuan Indonesia, dan mari kita terus merajut ini dengan sikap terbuka dan saling bekerja sama," ujarnya.

"Kita lihat proses komunikasi dalam beberapa bulan ini," ucapnya.


Zulhas Ajak Gabung KIB

Sebelumnya, Zulhas hadir di acara Harlah ke-20 PKS yang digelar di Istora Senayan, Jakarta. Dalam pidato kebangsaannya, Zulhas mengajak PKS bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), koalisi yang digagas oleh PAN, Golkar, dan PPP.

Ihwalnya, Zulhas berbicara soal situasi politik nasional yang dinilai tak produktif lantaran Pilpres 2019 hanya menampilkan dua poros koalisi. Zulhas berharap poros koalisi yang muncul lebih beragam di Pilpres 2024 mendatang.

"Atmosfer kita kita akhir-akhir ini pengap dan tidak produktif akibat mungkin salah satu sebabnya Pilpres kemarin itu hanya dua pasang, karena Pilpres cuma dua pasang, masing-masing pendukung mati-matian membela kandidatnya dan meniadakan kandidat yang lain," kata Zulhas dalam acara Harlah ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).


Zulhas kemudian mengajak PKS bergabung di poros KIB. Tujuannya agar Pilpres 2024 tidak hanya dihiasi oleh dua poros koalisi.

"Kami Golkar dan PPP mencoba membuat Koalisi Indonesia Bersatu ya, itu coba. Maksudnya mudah-mudahan PKS bisa bersama-sama. Maksudnya itu jangan dua (poros) lagi, calonnya jangan dua lagi Pilpres besok," kata Wakil Ketua MPR itu.

Tak hanya itu, dia juga mengajak Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra sekaligus Menparekraf Sandiaga Uno.

"Oleh karena itu, kami mencoba, Pak Anies, Cak Imin, mudah-mudahan kita bisa bareng-bareng, ya, Pak Sandi," lanjutnya.

Simak video 'Momen Anies Baswedan Diteriaki 'Presiden' di Milad Ke-20 PKS':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT