ADVERTISEMENT

Kisah Mushofahah Amien Rais dan Syafii Maarif di Perjumpaan Terakhir

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 18:05 WIB
Amien Rais dan Buya Syafii Maarif di kantor PP Muhammadiyah, Senin (19/11/2018).
Amien Rais dan Syafii Maarif (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Mantan Ketum PP Muhammadiyah Amien Rais menceritakan momen pertemuan terakhirnya dengan Buya Syafii Maarif di PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Ada kisah tentang saling jabat tangan (mushofahah) dalam pertemuan dua tokoh yang dikenal sebagai 'Pendekar dari Chicago' itu.

Cerita itu diungkapkan Amien Rais dalam Seminar Pra-Muktamar Muhammadiyah & Aisyiyah ke-48 seperti ditayangkan tvMU Channel, Senin (30/5/2022). Amien Rais sengaja datang malam-malam ke PKU agar jauh dari sorotan kamera dan tidak banyak tamu.

"Saya minta dokternya 'Pak Dokter, Pak Syafii sudah tidur belum? Kalau belum saya mau menjenguk'," kata Amien menceritakan momen perbincangannya dengan salah satu dokter di PKU Muhammadiyah Gamping.

Amien Rais kemudian masuk ke PKU Muhammadiyah Ganting. Syafii Maarif saat itu belum tidur. Dia pun mempersilakan Amien Rais duduk.

"Nah kemudian dilepaskan ini-nya, selangnya, saya duduk. 'Eh Pak Syafii, jangan, pakai lagi, pakai lagi'. 'Nggak nggak apa-apa'. Kemudian kita duduk bersama-sama," ujar Amien.

Dalam momen itu, Amien Rais menanyakan sejumlah hal kepada Syafii Maarif. Syafii Maarif, yang juga mantan Ketum PP Muhammadiyah, menjawab pertanyaan Amien Rais dengan berbicara tentang ridho Ilahi.

"Nah saya kan tentu sebagai sahabat sejak muda. Saya tanya beberapa hal. 'Jadi mengapa anda kok begini, jawabannya sudah dijawab dan mengapa kok anda begitu, dijawab. Nah ketika anda melakukan langkah-langkah itu, Pak Syafii, itu anda mengharapkan, apa? Mengharapkan ridho Ilahi ya sudah kalau begitu kita mushofahah'," ujar Amien.

Amien Rais lega mendengar jawaban Syafii Maarif. Keduanya pun akhirnya berjabat tangan dan saling mendoakan.

"Kalau itu insyaallah Pak Syafii ya, ijtihad itu kalau salah masih satu pahalanya. Kalau benar kan dua. Jadi paling nggak andaikata salah pun itu masih berpahala," ujar Amien.

Pertemuan itu ternyata menjadi pertemuan terakhir Amien Rais dan Syafii Maarif. Amien Rais pun mendoakan yang terbaik untuk Syafii Maarif, yang kini telah wafat.

Simak juga 'Amien Rais: Saya Saksi Buya Syafii Banyak Jasanya Buat Bangsa Kita':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT