Amien Rais Kenang Buya Syafii Maarif: Karib Sejak Muda sampai Tua

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 20:28 WIB
Amien Rais dan Buya Syafii Maarif di kantor PP Muhammadiyah, Senin (19/11/2018).
Amien Rais dan Buya Syafii Maarif di kantor PP Muhammadiyah (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengucapkan dukacita atas meninggalnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif. Amien mengenang Buya Syafii sebagai sahabat sedari muda.

"Pada hari ini saya berdukacita sangat mendalam karena sahabat saya, karib saya, sejak muda sampai setua ini, saya sebagai saksi bahwa dalam kehidupan yang panjang almarhum telah banyak jasanya buat Muhammadiyah, buat bangsa kita," ucap Amien dalam video yang diterima detikcom, Jumat (27/5/2022).

Amien, yang juga pernah menjabat Ketum PP Muhammadiyah, mendoakan almarhum Syafii Maarif.

"Saya doakan mudah-mudahan Saudara Buya Syafii Maarif diterima amal salehnya, diampuni dosa-dosanya, dan beserta orang orang yang mendapatkan ridho Allah, ditempatkan di sisi Allah secara sebaik-baiknya," katanya.

Sebelumnya, Buya Syafii Maarif meninggal dunia di Yogyakarta hari ini. Kabar duka tersebut awalnya disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md lewat akun Twitternya.

"Ummat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lagi salah seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya," kata Mahfud Md.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu sempat mengalami sesak napas. Pada Sabtu (11/4), Buya Syafii Maarif dibawa ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta, untuk mendapatkan perawatan.

Ahmad Syafii Maarif merupakan ulama kelahiran 31 Mei 1935. Muhammadiyah juga menyatakan dukacita mendalam atas wafatnya Buya Syafii Maarif.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muh Gamping," kata Muhammadiyah.

Lihat Video: Penjelasan Dokter soal Penyebab Buya Syafii Maarif Meninggal

[Gambas:Video 20detik]




(aik/knv)