Sistem One Way Jalur Puncak Arah Jakarta Mulai Diberlakukan

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 29 Mei 2022 13:47 WIB
Jalur Puncak Bogor
Jalur Puncak, Bogor (Muchamad Sholihin/detikcom)
Bogor -

Satlantas Polres Bogor saat ini memberlakukan sistem satu arah atau one way arah Jakarta di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kendaraan menuju Puncak untuk sementara disetop.

"Untuk lalin Puncak saat ini berlaku one way atau satu arah menuju Jakarta. Kita mulai tadi sejak pukul 11.30 WIB, sesuai yang direncanakan. Jadi saat ini diprioritaskan kendaraan menuju Jakarta," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, Minggu (29/5/2022).

"Untuk kapan berakhirnya (one way arah Jakarta) sifatnya situasional ya. Kita lihat kondisi arus lalin, kalau memungkinkan untuk dilakukan penormalan, ya kita akhir one way," tambahnya.

Pantauan detikcom hingga pukul 13.00 WIB, arus lalulintas di Jalan Raya Puncak masih berlaku satu arah menuju Jakarta. Sementara kendaraan menuju Puncak untuk sementara di setop.

Pihak kepolisian tampak menutup akses menuju Puncak menggunakan barier di Simpang Gadog. Kendaraan menuju Puncak yang melewati jalur Ciawi, disetop di sekitar SPBU Gadog atau sekitar 500 meter dati Simpang Gadog. Sementara kendaraan menuju Puncak yang datang dari arah Jakarta disetop sementara di Km 46 Tol Jagorawi atau sekitar 2 kilometer dari Simpang Gadog.

Arus kendaraan tampak normal lancar di beberapa ruas jalan raya Puncak. Namun kepadatan terlihat tetap terjadi di Pasar Cisarua.

Banyaknya aktivitas orang dan kendaraan di Pasar Cisarua, mengakibatkan hambatan arus lalu lintas. Antrean kendaraan mengular hingga kawasan Simpang Taman Safari. Hambatan arus lalu lintas juga terjadi Simpang Megamendung atau akses menuju Curug Cilember.

"Kepadatan di Pasar Cisarua karena ada aktivitas masyarakat di situ cukup tinggi ya, banyak kendaraan mengurangi laju kendaraan karena banyak penyeberang jalan. Titik lain hambatan terjadi karena banyak kendaraan keluar dari persimpangan ya, tapi semua sudah diantisipasi, anggota bersiaga di lokasi untuk memperlancar arus," kata Ketut.

"Imbauan untuk pengendara tetap berhati-hati karena ketika sistem one way diberlakukan, arus kendaraan cukup deras. Tetap taati aturan berlalu lintas dan tetap berkonsentrasi," imbuhnya.

Simak Video 'Trik Menuju Kawasan Puncak Lewat Jalur Alternatif Bendungan-Citeko':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/lir)