Jalur Puncak Arah Jakarta Akan Diterapkan One Way Pukul 11.30 WIB

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 29 Mei 2022 11:17 WIB
Situasi Jalur Puncak Bogor, Minggu (29/5) pagi
Situasi Jalur Puncak Bogor, Minggu (29/5) pagi (Muchamad Sholihin/detikcom)
Bogor -

Arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, terpantau ramai lancar pagi ini. Satlantas Polres Bogor akan memberlakukan sistem satu arah (one way) siang ini pukul 11.30 WIB.

"Situasi arus lalu lintas hari ini seputar Gadog dan Cisarua masih lancar, dari pagi masih lancar, kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta juga masih lancar. Tadi pagi kita laksanakan genap ganjil, tapi kemudian karena situasi lalu lintas masih terkendali kemudian kegiatan kami akhiri. Saat ini situasi lalu lintas normal dua arah," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana di Simpang Gadog, Bogor, Jabar, Minggu (29/5/2022).

Ketut menyebut sistem one way untuk kendaraan menuju Jakarta akan dilaksanakan 11.30 WIB. Rekayasa lalin ini diharap bisa membantu kelancaran arus kendaraan wisatawan yang akan kembali ke rumahnya setelah berwisata di Puncak.

"Kami mengantisipasi (wisatawan) yang liburan sejak kemarin, atau sejak Kamis, Jumat yang masih ada di Puncak. Kita antisipasi dengan melaksanakan one way arah Jakarta, dimulai pukul 11.30 WIB," kata Ketut.

"Kenapa lebih awal, karena hotel-hotel dan vila di kawasan Puncak ini kan melaksanakan check out itu sekitar pukul 13.00 WIB, jadi kita antisipasi sebelum mereka check out sistem one way sudah diberlakukan. Harapannya, jam 13.00 WIB itu sudah terbuka arus menuju Jakarta, sehingga tidak ada hambatan," tambahnya.

Pantauan detikcom, suasana lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor hingga pukul 10.30 WIB terpantau masih ramai lancar. Bahkan kendaraan menuju Puncak yang datang via Tol Jagorawi cenderung sepi.

Titik kemacetan tampak di sekitaran Pasar Cisarua dan Cipayung Megamendung karena banyak lalu lalang penyeberang, baik orang maupun kendaraan. Untuk kawasan Gunung Mas hingga Masjid Attaawun, juga masih nampak tak begitu ramai seperti biasanya.

Simak Video 'Trik Menuju Kawasan Puncak Lewat Jalur Alternatif Bendungan-Citeko':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/lir)