Teguran soal Banjir Rob dari Megawati ke Ganjar Jadi Kenyataan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 21:04 WIB
Ganjar & Megawati
Ganjar Pranowo dan Megawati Soekarnoputri (Pemprov Jateng)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pernah menegur Gubernur Jateng Ganjar Pranowo soal potensi banjir rob di Jawa Tengah. Teguran Megawati ini pun menjadi kenyataan.

Seperti diketahui, banjir rob menerjang Pelabuhan Tanjung Mas hingga kawasan pesisir Semarang. Di Semarang, ada 8.000 KK yang terdampak.

BMKG mengungkapkan, banjir rob di Jateng terjadi akibat fenomena alam. Di mana terjadi puncak pasang tertinggi karena posisi jarak bumi dan bulan yang dekat.

"Pertengahan Mei hingga Juni merupakan puncak pasang tertinggi disebabkan posisi jarak bumi dan bulan relatif dekat dan memicu air pasang tinggi," kata Ganis dilansir detikJateng, Senin (23/5/2022).

Teguran Megawati

Teguran soal banjir rob itu diungkapkan Megawati dalam pertemuan secara virtual dengan Ganjar dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada 5 Agustus 2021. Ketika itu Megawati sedang menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden soal Jakarta bakal tenggelam 1o tahun lagi.

"Dengar Joe Biden ngomong begitu, 10 tahun lagi, batin saya, 'enak banget loh', loh iya dong. Saya langsung ngomong sama Pak Jokowi, itu Presiden Amerika loh, bagus dia bisa ngomong kayak gitu. Karena biasanya orang kita baru dengerin kalau orang asing ngomong," kata Megawati, Kamis (5/8/2021).

Setelah itu, barulah Megawati mengungkapkan tegurannya ke Ganjar soal potensi banjir rob menerjang pesisir Jateng. Megawati mewanti-wanti soal Pelabuhan Semarang.

"Tadi sekilas saya lihat ada Pak Ganjar. Jadi kalau masih mendengarkan saya, nah iki (Ganjar merespons Megawati). Itu kan dari awal kamu saya jadikan (calon gubernur) kamu kan sudah pernah toh saya ngomongi. Urusan Pelabuhan Semarang dan sebagainya," ucap Megawati.

Apa komentar Ganjar? Baca di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Aksi Gotong Royong Tambal Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas':

[Gambas:Video 20detik]