Gestur Jokowi Dukung Ganjar, Megawati Jadi Kunci

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 15:08 WIB
Ganjar & Megawati
Ganjar Pranowo (kiri) dan Megawati Soekarnoputri (kanan) (Dok. Pemprov Jateng)
Jakarta -

Presiden Jokowi mengirim gestur mendukung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ke Pilpres 2024. Tapi sampai saat ini Ganjar Pranowo masih kader PDIP yang sosok capresnya ditentukan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Kode keras dukungan Jokowi ke Ganjar itu disampaikan sang Presiden dalam acara Rakernas Projo di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Sabtu (21/5/2022). Jokowi meminta relawannya tidak buru-buru mendukung capres 2024, tapi juga memberikan sinyal dukungan ke Ganjar.

"Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, sudah dibilang jangan tergesa-gesa, ojo kesusu," demikian kalimat Jokowi yang penuh kode tersebut disampaikan di depan Projo dan Ganjar Pranowo yang hadir dalam pertemuan.

Pakar politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menilai di satu sisi Jokowi memang meminta relawannya tidak buru-buru. Tapi di sisi lain secara terang benderang mengarah dukungan kepada Ganjar Pranowo.

"Meski pernyataan Jokowi masih cukup bersayap, tapi publik secara terang-benderang sudah bisa menangkap ke mana arah dukungan Jokowi di Pilpres 2024," kata Adi Prayitno, Minggu (22/5/2022) kemarin.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno (Dok Adi Prayitno)Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno (Dok. Adi Prayitno)

Kata 'ojo kesusu' yang disampaikan Jokowi dinilai sebagai upaya untuk meredam panasnya panggung politik. "Untuk menjaga stabilitas dan suasana kebatinan PDIP yang saat ini belum menentukan sikap politik di pilpres dan lebih condong memperjuangkan Puan Maharani untuk bertanding di pilpres 2024," ujarnya menganalisis.

Namun panggung politik dinilai bakal makin dinamis, dan capres yang akan diusung PDIP pada akhirnya tergantung keputusan Ketum Megawati Soekarnoputri.

"Relawan dan Jokowi lebih condong ke Ganjar Pranowo tapi pada saat bersamaan struktur politik PDIP semakin kokoh semakin solid memperjuangkan Puan Maharani meningkatkan elektabilitasnya. Tentu ending-nya adalah Megawati yang akan menentukan segalanya," pungkasnya.

Lantas, apakah Ganjar Pranowo, Puan Maharani, atau capres lain yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024?

(van/maa)