Begini Potensi Semarang Tenggelam yang Bikin Ganjar Sempat Ditegur Mega

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 13:29 WIB
Kondisi banjir rob di Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Rabu (25/5/2022).
Kondisi banjir rob di Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Rabu (25/5/2022). (Mochamad Saifudin/detikJateng)
Jakarta -

Banjir rob menenggelamkan kawasan pesisir Jawa Tengah (Jateng) hingga ke Semarang. Tahun lalu, pakar geodesi sudah mengingatkan soal potensi Semarang tenggelam yang membuat Ganjar Pranowo ditegur Megawati.

Sebagaimana diketahui, tahun lalu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pernah mengingatkan soal ancaman Jakarta tenggelam. Pernyataan Joe Biden ini ramai dibicarakan dan menjadi atensi bagi para pejabat terkait.

Namun kala itu Kepala Laboratorium Geodesi dari ITB, Dr Heri Andreas, menjelaskan yang lebih berpotensi tenggelam adalah kawasan pesisir di Jawa Tengah dan Semarang.

Heri Andreas awalnya mengungkap penurunan permukaan tanah di Jakarta memang sempat sangat mengkhawatirkan pada 2007-2011. Kala itu 14 persen wilayah Jakarta yang sudah berada di bawah laut akan tergenang permanen bila tidak dibuatkan tanggul dan meninggikan infrastruktur di Muara Baru, Pluit, dan sekitarnya.

"Andai tak dibuatkan intervensi semacam itu, wilayah Gunung Sahari, Ancol, dan Pluit saat ini sudah menjadi laut," kata Heri Andreas kepada detikcom, Senin (2/8/2021).

Namun Andreas menepis pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Bidan bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Sebab, dari kajiannya, laju penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah melandai. Kondisi yang sangat mengkhawatirkan itu, kata Heri, yang juga anggota Pokjanas Mitigasi Adaptasi Land Subsidence, justru terjadi di Pekalongan, Semarang, dan Demak.

Jika dalam 10 tahun ke depan tidak ada upaya manajemen risiko yang baik, ia melanjutkan, prediksi tenggelamnya wilayah-wilayah ini akan lebih pasti dibandingkan Jakarta. "Kalau Jakarta sih tidaklah. Pernyataan Presiden Biden itu bagus untuk penyadaran kita," ujarnya.

Simak Video: Warga Terdampak Banjir Rob Semarang Keluhkan Gatal-Mual

[Gambas:Video 20detik]