Pemkot Pastikan Persalinan Gratis 2 Ibu Hamil Korban Kebakaran di Kebayoran

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 20:23 WIB
Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin
Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mencatat ada dua ibu hamil yang menjadi korban kebakaran di Kebayoran Lama, Jaksel. Wali Kota Jaksel Munjirin memastikan biaya persalinan gratis bagi keduanya.

"Persalinan gratis sampai dengan penindakan," kata Munjirin kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Selain itu, KTP keduanya telah dicetak ulang. Sementara kartu BPJS Kesehatan dapat dicetak melalui Puskesmas.

Diketahui, dua ibu hamil tersebut memiliki usia kandungan yang berbeda. Mereka adalah Dessy dengan usia kandungan 14 minggu dan Sumarti dengan usia kandungan 34 minggu.

"Sementara untuk ibu Sumarti riwayat klinis selama kehamilan kondisi normal," ucap Munjirin.

Diketahui, kebakaran terjadi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (24/5) kemarin. Terdapat 30 rumah yang ludes akibat kebakaran itu. Salah satu korban yang rumahnya terbakar, Aris (41), menceritakan tabungannya ludes terbakar.

"Sempet istri juga nyimpen duit segala, cuma ya nggak ada, abis kebakar. Ya itu (tabungan) buat istri saya mau lahiran tiga minggu lagi," ujar Aris saat ditemui di rumahnya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (24/5).

Dia berharap nantinya akan ada kemudahan untuk mengurus administrasi dari pihak kelurahan. Sebab, surat-surat termasuk BPJS yang dia dan keluarga miliki turut terbakar.

"Yang penting istri saya lahiran gampang dah udah itu doang. Soalnya kita udah nggak punya apa-ala lagi ya, celengan abis, ya mudah-mudahan insyaallah, yang penting istri saya lahiran lancar," jelas Aris.

"Mungkin kalau urusan BPJS digampangin ya, jangan sampai kita kan korban, jangan sampai istri saya mau lahiran udah susah tambah susah lagi. Soalnya kan kalau urus BPJS gampang-gampang susah, maunya digampangin. Paling nanti saya laporan dulu tapi kalau pihak kelurahan sih bilang, 'tenang aja," tambahnya.

(ain/fas)