Disdukcapil Siapkan Posko Administrasi di Lokasi Kebakaran Kebayoran Lama

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 15:49 WIB
Sebuah rumah tinggal yang berlokasi di Jl Kramat, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, hangus terbakar.
Kebakaran di Kebayoran Lama, Jaksel (Foto: dok. Sudin Gulkarmat Jaksel
Jakarta -

Puluhan rumah terdampak kebakaran di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ketua RT 5, Didik Pujiyanto, menyebut saat ini warga sangat membutuhkan bantuan berupa pakaian dalam untuk dewasa dan anak-anak.

"Urgent masalah pakaian dalam dewasa dan putra-putri, bapak-ibu pakaian dalam putri-putri remaja. Itu kan harus baru," ujar Didik saat ditemui di lokasi, Rabu (25/5/2022).

Selain pakaian dalam, para pengungsi sangat membutuhkan peralatan untuk kerja bakti. Ini dilakukan untuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran kemarin.

"Sama peralatan kebersihan kerja bakti, membersihkan puing-puing bersama warga, seperti sepatu boots, sarung tangan, dan alat kebersihan. Karena masih banyak yang belum diotak-atik," kata Didik.

Kemudian, dia mengungkapkan sangat membutuhkan pakaian layak pakai. Namun dia mengatakan korban kebakaran di lokasi ini telah menerima bantuan yang nantinya akan didistribusikan langsung kepada pengungsi.

"Ketika (bantuan) ada dateng, diterima dulu, baru distribusian kepada pengungsi, karena butuh salinan, karena tidak bisa bawa barang-barang yang ada di rumah," ucapnya.

"Terus sudah diimbau kepada warga untuk melaporkan kepada Disdukcapil. Meja pelayanannya ada di sini, jadi data base yang valid ada di sini," lanjutnya.

Sementara itu, tercatat di posko Disdukcapil telah ada 8 orang yang melaporkan kehilangan KK. Kemudian, tercatat ada 5 KTP, 5 Akta Kelahiran dan 2 KIA (Kartu Identitas Anak).

Kebakaran terjadi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (24/5). Ada 30 rumah yang ludes akibat kebakaran itu.

"Adapun jumlah rumah ataupun kontrakan ini kurang lebih ada 30 rumah tinggal (terbakar)," ujar Wakil Camat Kebayoran Lama, Sidik Rawanta, di lokasi, Selasa (24/5).

Dia mengatakan ada 50 kepala keluarga dengan total sekitar 150 jiwa terdampak kebakaran ini. Korban terdampak kebakaran akan diungsikan di Balai RW 1, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan.

(ain/mea)