KPK Ogah Beberkan Progres Pencarian Harun Masiku, Ini Alasannya

M Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 18:54 WIB
Ali Fikri
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK merespons terkait polemik pencarian Harun Masiku yang hingga kini masih jadi buron. KPK menyebut kegiatan pencarian Harun Masiku bukan hal yang bisa disampaikan secara gamblang kepada publik.

"KPK berharap publik memahami bahwa pemburuan DPO tentu bukan kerja-kerja yang progresnya bisa disampaikan kepada publik secara mendetail karena hal ini justru akan menjadi kontraproduktif dalam proses pencariannya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Ali menjelaskan, sejatinya para buron itu juga mempunyai cara masing-masing agar sulit ditemukan dalam persembunyiannya. Namun hal itu tidak membuat KPK berhenti untuk terus mencari buronan tersebut.

"Nantinya KPK tentu akan menyampaikan jika memang progresnya sudah bisa diinformasikan kepada publik," ucapnya.

Seperti diketahui, polemik pencarian Harun Masiku masih terus berlanjut. Politikus PDIP itu telah buron sejak Januari 2020.

Beberapa eks penyidik KPK bahkan sempat menawarkan bantuan hingga mengaku mengetahui keberadaan Harun Masiku. Salah satunya adalah Harun Al Rasyid.

Harun Al Rasyid mengaku mengetahui keberadaan Harun Masiku. Harun yang diberi gelar 'raja OTT' itu memastikan proses pencarian Harun sudah sampai di tahap penangkapan.

"Saya itu tahu di mana Masiku berada, tinggal saya ambil ini. SK 652 ini dicabut, sore ini saya bungkus," ucap Harun kepada wartawan, Sabtu (21/5).