Ketua GP Mania Pede Arahan 'Ojo Kesusu' Jokowi Cuma untuk Dirinya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 15:02 WIB
Relawan Ahok dari komunitas Batman Immanuel Ebenezer
Ketua JoMan sekaligus GP Mania, Immanuel Ebenezer atau Noel (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer, punya dua tafsiran berbeda soal arahan 'ojo kesusu' dari Presiden Jokowi. Pria yang kerap disapa Noel itu menyebut arahan ojo kesusu Jokowi bisa saja kode untuknya.

Noel awalnya memaparkan tafsiran utama dari arahan ojo kesusu Jokowi. Tak lain dan tak bukan, Noel melihat arahan itu adalah kode keras dukungan Jokowi untuk Ganjar jadi capres 2024.

"Pertama, kalau kita kan jelas, dari awal kita dukung Mas Ganjar Pranowo. Kedua, kalaupun tidak dapat tiket, kita akan bikin gerakan 'Sejuta Tiket untuk Ganjar dari Rakyat'," kata Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

"Ketiga, pidato Presiden yang nggak kalah penting adalah mengisyaratkan dukungan untuk Mas Ganjar itu sebetulnya ya," imbuhnya.

Seperti diketahui, dalam Rakernas Relawan Projo, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022), Jokowi meminta para pendukungnya bersabar terkait capres yang didukung pada 2024. Jokowi pun mengarahkan dengan menyatakan, 'meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, sudah dibilang, jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Ini mau tergesa-gesa kelihatannya'.

Tafsiran kedua Noel, arahan itu bisa saja ditujukan untuknya. Sebab, dalam Rakernas Projo, Sabtu (21/5) pekan lalu itu, hanya Noel relawan Jokowi pendukung Ganjar yang hadir.

Sementara itu, relawan pendukung Jokowi lainnya, Projo misalnya, memilih tokoh yang akan mereka dukung jadi capres 2024. Noel, yang juga Ketua Umum relawan Jokowi Mania (JoMan), sudah membentuk GP Mania sebagai organisasi relawan pendukung Ganjar.

"Saya kan hadir dalam acara Projo kan, saya hadir, dan Mas Ganjar hadir. Bahwa Presiden menyampaikan ke para peserta acara Rakernas Projo itu bahwa, 'walaupun orangnya yang kita dukung ada di sini', gitu, 'tapi, ojo kesusu', gitu. Sebetulnya kan itu jelas dan tegas, ya," ucapnya.

"Saya tidak mau menginterpretasikan. Tapi apa yang disampaikan Presiden saat pidato, ya, saya nggak tahu maksudnya ke Mas Ganjar atau apa. Karena kan satu-satunya relawan Jokowi yang mendukung Mas Ganjar kan saya doang. Entah mengarahkan ke saya atau ke mana," imbuh Noel.

Tanggapan PDIP soal arahan ojo kesusu Jokowi ada di halaman berikutnya.

Lihat Video: PAN Sebut Anies Hingga Ganjar Berpotensi Diusung Jadi Capres KIB

[Gambas:Video 20detik]