Banjir Rob Jateng, Teguran Megawati ke Ganjar yang Kini Jadi Kenyataan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 12:28 WIB
Ganjar & Megawati
Megawati bersama Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)
Jakarta -

Banjir rob yang menerjang kawasan pesisir Jawa Tengah (Jateng) hingga ke Semarang merendam pelabuhan, rumah warga, hingga fasilitas olahraga. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pernah menegur Gubernur Jateng Ganjar Pranowo soal potensi banjir rob ini. Teguran Megawati itu kini jadi kenyataan.

Teguran soal banjir rob itu diungkapkan Megawati dalam pertemuan secara virtual dengan Ganjar dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada 5 Agustus 2021. Ketika itu Megawati sedang menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden soal Jakarta bakal tenggelam 1o tahun lagi.

"Dengar Joe Biden ngomong begitu, 10 tahun lagi, batin saya, 'enak banget loh', loh iya dong. Saya langsung ngomong sama Pak Jokowi, itu Presiden Amerika loh, bagus dia bisa ngomong kayak gitu. Karena biasanya orang kita baru dengerin kalau orang asing ngomong," kata Megawati, Kamis (5/8/2021).


Setelah itu, barulah Megawati mengungkapkan tegurannya ke Ganjar soal potensi banjir rob menerjang pesisir Jateng. Megawati mewanti-wanti soal Pelabuhan Semarang.

"Tadi sekilas saya lihat ada Pak Ganjar. Jadi kalau masih mendengarkan saya, nah iki (Ganjar merespons Megawati). Itu kan dari awal kamu saya jadikan (calon gubernur) kamu kan sudah pernah toh saya ngomongi. Urusan Pelabuhan Semarang dan sebagainya," ucap Megawati.

Ganjar Akui Ditegur Megawati soal Banjir Rob

Ganjar pun mengakui pernah ditegur Megawati soal potensi banjir rob menerjang pesisir Jateng. Ganjar mengungkapkan teguran itu disampaikan Megawati secara langsung.

"Sebenarnya bukan saya pribadi, tidak hanya dari Joe Biden, tapi dari Bu Mega juga kemarin 'Hei Ganjar bagaimana itu robnya?'. 'Hai, Bu, siap'," kata Ganjar dalam Webinar Jakarta Tenggelam bersama Ikatan Alumni ITB, Selasa (10/8/2021).

Ganjar saat itu juga mengakui beberapa wilayah di Jateng sudah tenggelam. Penyebabnya, penurunan permukaan tanah atau land subsidence, seperti yang terjadi di Desa Bedono di Kecamatan Sayung, Demak.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video: Warga Terdampak Banjir Rob Semarang Keluhkan Gatal-Mual

[Gambas:Video 20detik]