Ketua Dewas KPK: Lili Pintauli Diperiksa Etik Pekan Ini

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 12:58 WIB
Lili Pintauli Siregar
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (Dok. KPK)
Jakarta -

Dewan Pengawas (Dewas) KPK memastikan akan memanggil Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Ketua Dewas, Tumpak Hatorangan, menyebut Lili akan dipanggil pekan ini.

"Ya, minggu ini," kata Tumpak saat ditanyai soal kapan Lili Pintauli akan dipanggil Dewas KPK, Rabu (25/5/2022).

Dia belum memberi tanggal pasti Lili diperiksa. Lili akan diperiksa terkait dugaan menerima fasilitas dari pihak BUMN.

"Saya nggak tahu (kapan), penyidiknya Bu Albertina. Tapi masih jalan, kita masih jalan. Nanti pada saatnya akan kita sampaikan," sambungnya.

Tumpak menjelaskan saat ini pihaknya masih dalam tahap memeriksa pihak-pihak yang ikut terkait dengan perkara ini. Namun PT Pertamina, sebagai salah satu pihak yang terkait, belum diperiksa.

"Kita bisa banyak pemeriksaannya dari luar. Banyak, Pertamina belum," tambah Tumpak.

Sebelumnya, Dewas KPK mengaku masih mengumpulkan bahan keterangan dari berbagai pihak terkait kasus dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli Siregar. "Masih pengumpulan bahan dan keterangan untuk keperluan pembuktian," ucap anggota Dewas KPK Albertina Ho kepada detikcom.

Lantaran perkembangannya baru sampai situ, Albertina menyebut pemeriksaan terhadap Lili belum dilakukan. Namun dia menjanjikan bilamana Lili dimintai keterangan akan disampaikan ke publik.

"Kalau sudah sampai waktunya Ibu LPS (Lili Pintauli Siregar) juga akan dimintai keterangan," sambung Albertina.

Soal urusan etik, Lili sudah kesekian kalinya dilaporkan ke Dewas KPK. Kali ini Lili diduga menerima fasilitas serta akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Dalam laporan itu, Lili Pintauli diduga menerima tiket penginapan dan tiket MotoGP Mandalika. Diketahui, Dewas KPK telah meminta konfirmasi pihak BUMN, yakni PT Pertamina, untuk membawa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perkara ini.

Dokumen itu antara lain tiket MotoGP pada Grandstand Premium Zone A-Red dan penginapan di Amber Lombok Beach Resort.

(aud/aud)