detikcom Do Your Magic

Jl Tole Iskandar Diperbaiki, Warga Senang Tak Ada Bunyi 'Gubrak' Lagi

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 12:43 WIB
Jl Tole Iskandar di Depok sudah diperbaiki, 25 Mei 2022. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jl Tole Iskandar di Depok sudah diperbaiki, 25 Mei 2022. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Depok -

Lubang-lubang di permukaan Jl Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, sudah diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. Warga sekitar dan pengguna jalan mengaku senang.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (25/5/2022) pukul 10.55 WIB, dua lubang yang terletak di ruas Sukmajaya menuju Jalan Margonda sudah diperbaiki. Sekitar 3 meter dari lokasi, lubang yang lebih besar juga sudah tertutup dengan aspal.

Pengendara roda empat maupun roda dua melintasi jalan dengan aman. Tak ada lagi pemotor yang menghindari lubang seperti sebelumnya.

Untuk diketahui, Jl Tole Iskandar memiliki dua ruas, yakni menuju Jl Margonda dari Sukmajaya, sedangkan ruas lainnya menuju Jl Raya Bogor. Lebar jalan sekitar 6 meter untuk dua ruas.

Pengendara ojek online, Anton (34), mengaku senang dengan perbaikan jalan yang sudah kelar ini. Menurutnya, kini sudah tidak ada suara yang membuat resah.

"Bagus, soalnya banyak banget yang melintas kadang bunyinya sampai 'jebret-jebret'. Takutnya jatuh doang. Selama ini memang belum ada (yang jatuh) tapi kedengarannya ngeri aja, karena bunyinya juga lumayan," papar Anton saat ditemui di lokasi.

Jl Tole Iskandar di Depok sudah diperbaiki, 25 Mei 2022. (Dwi Rahmawati/detikcom)Anton (Dwi Rahmawati/detikcom)

Ia mengatakan tindakan PUPR Depok sudah tepat sebagai antisipasi sebelum timbulnya korban jiwa. "Harapan saya, kalau ada lubang besar atau kayak gitu, cepat saja responsnya. Kalau pengguna sudah kejadian, baru ditambal biasanya. Kalau ini sudah antisipasi," ungkap dia.

Warga sekitar, pemilik salon, Aminah (43), juga menyampaikan pesan serupa. Ia menyebut lalu lintas di lokasi semakin lancar.

"Bukan main suara 'gubrak', kita kaget apa mobil tabrakan atau apa. Kadang kita pada duduk di sini 'gabruk' padahal itu (suara) ban. Alhamdulillah lancar jalannya, nggak bikin jantung copot," kata Aminah.

Jl Tole Iskandar di Depok sudah diperbaiki, 25 Mei 2022. (Dwi Rahmawati/detikcom)Jl Tole Iskandar di Depok sudah diperbaiki, 25 Mei 2022. (Dwi Rahmawati/detikcom)

Pengendara motor, Dayat (45), yang kerap melintas untuk pulang kerja, menyebut jalan yang diperbaiki membuat lalu lintas semakin lancar. Pasalnya, kata dia, tak ada pengendara yang mengerem mendadak untuk menghindari lubang.

"Menurut saya bagus buat kelancaran dan meminimalkan mogok, macet, karena terhambat kalau ada lubang," ungkap Dayat.

Ia pun berharap jalan yang berlubang di wilayah Depok lainnya juga mendapat perhatian khusus.

"Paling kalau lubang sudah jarang, mungkin jalan yang cekung, nggak rata di depan Griya, saya lihat banyak juga yang kaget," paparnya.

Jl Tole Iskandar di Depok sudah diperbaiki, 25 Mei 2022. (Dwi Rahmawati/detikcom)Jl Tole Iskandar di Depok sudah diperbaiki, 25 Mei 2022. (Dwi Rahmawati/detikcom)

Pedagang makanan di sekitar lokasi, Rony (31), mengaku melihat perbaikan yang dilakukan Dinas PUPR Kota Depok kemarin. Ia pun merasa jalan di depan Masjid Baiturrahman ini sudah aman.

"Lihat perbaikan, siang itu. Ada empat orang kalau nggak salah, mobilnya satu sekarang sudah aman, nggak ada 'gubrak'," kata Rony.

Sementara itu, pengendara ojek online, Hendro Kurniawan (47), berharap jalan yang diperbaiki bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat.

"Hampir setiap hari kita dengar 'gubrak' itu, yang ini (depan masjid) bahaya, lubang dalam. Alhamdulillah sudah diperbaiki, mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat," tutupnya.

(dnu/dnu)