detikcom Do Your Magic

Warga Keluhkan Jalan Tole Iskandar Depok Berlubang, Harap Segera Diperbaiki

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 13:34 WIB
Lubang di Jalan Tole Iskandar Depok (Dwi-detikcom)
Foto: Lubang di Jalan Tole Iskandar Depok (Dwi-detikcom)
Jakarta -

Jalan Tole Iskandar di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, berlubang. Warga mengeluhkan kondisi jalan berlubang itu karena dinilai berbahaya bagi pengendara.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 11.45 WIB, Jumat (20/5/2022), jalan yang berlubang itu terletak di ruas Sukmajaya menuju Jalan Margonda Raya. Kendaraan roda dua yang melintas terlihat berupaya menghindari lubang tersebut.

Salah satu pengendara ojek online, Anang Setiawan (28), mengatakan pengendara motor kerap kaget saat menghantam lubang ketika melintas.

"Motor tiba-tiba kaget terlempar kayak begitu, lompat. Kalau bikin macet nggak juga, kalau ini orang kaget, jeder-jeder kayak orang ketabrak suaranya," kata Anang.

Dia mengatakan warga sempat menutup lubang dengan batu kerikil. Namun, batu itu berserakan lagi karena hujan.

"Kemarin sudah ditaruh kerikil malam-malam. Cuma kayaknya lepas, gara-gara hujan ya, namanya di jalan," ujarnya.

Penjaga warung di sekitar lokasi, Arni, menyebut sempat ada kecelakaan gara-gara lubang di lokasi itu. Dia mengatakan warga sempat sering berteriak mengingatkan pemotor untuk waspada terhadap lubang.

"Sering situ mah (kecelakaan) motor. Biasanya, luka jatuh. Suka gujrak gitu, kaget pasti orang. Kebanyakan ibu-ibu yang teriak. Kita juga kadang-kadang gitu, kita teriakin," ucap Arni.

Dia berharap jalan lubang itu segera ditambal. Dia khawatir lubang di jalan itu makin melebar.

"Maunya cepat-cepat dibetulin, kalau malam di sini gelap juga," ujarnya.

Warga lain, Dezan Hilman (25), mengatakan sering melihat pemotor hampir jatuh jika menghantam lubang di jalan tersebut.

"Ditutupi sama kerikil oleh rekan-rekan karena lubangnya cukup dalam. Belum ada perbaikan, harapannya agar cepat diperbaiki saja. Karena takut memakan korban jiwa. Sering lihat orang kena lubang dan hampir terjatuh," ujarnya.

(haf/haf)