Bareskrim Dorong Pembentukan Tim Lintas Kementerian Sikat Mafia Tanah

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 16:59 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan
Brigjen Ahmad Ramadhan (tengah) (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah akan membentuk tim khusus lintas kementerian untuk memberantas mafia-mafia tanah. Bareskrim Polri dalam hal ini memberikan dorongan agar tim tersebut daat segera terbentuk.

"Tentu itu menjadi perhatian pimpinan Polri dalam hal ini Bareskrim dalam melaksanakan hal-hal terkait mafia tanah, apalagi bila ada perintah dari pimpinan negara," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Ramadhan mengatakan sejatinya Polri telah memiliki satuan tugas (satgas) untuk menyelesaikan masalah mafia tanah. Satgas itu berperan dalam melakukan proses penegakan hukum.

"Sekali lagi satgas itu sudah ada dan selalu bekerja dalam memproses persoalan-persoalan mafia tanah di Indonesia. Kaitannya kalau Polri adalah tugas pokoknya prosesnya adalah proses penegakan hukum terhadap pelanggaran-pelanggaran terkait mafia pertanahan," ujar Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan menyebut Polri dalam hal ini akan menampung laporan dari masyarakat. Bareskrim akan terus menjalin kerja sama dengan pihak terkait.

"Menerima laporan tentu mendengar informasi yang perlu kita tindak lanjuti, satgas ini kita bekerja dengan stakeholder lainnya," katanya.

Sekadar informasi, pemerintah berencana membentuk tim khusus lintas kementerian untuk memberantas mafia tanah. KPK bakal dilibatkan dalam tim khusus tersebut.

"Kita sudah sepakat untuk segera membentuk tim lintas kementerian dan lembaga, termasuk KPK, untuk melakukan prosedur dan melakukan penilaian atas ini semua. Saya akan tindak lanjuti," ujar Menko Polhukam Mahfud Md kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (23/5).

Baca berita selengkapnya di halaman selanjutnya.