Sederet Evaluasi agar Macet di Merak Saat Mudik Tak Terulang Lagi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 15:43 WIB
Jakarta -

Menhub Budi Karya Sumadi membeberkan sederet evaluasi mudik 2022 di Pelabuhan Merak. Ada sejumlah catatan yang harus jadi perbaikan di Pelabuhan Merak guna mencegah penumpukan kendaraan.

Pertama, Budi mengatakan perlunya rest area untuk menyaring kendaraan menuju Pelabuhan Merak. Kantong kendaraan di rest area ini mencegah kendaraan pemudik masuk area Merak secara bersamaan.

"Kita akan membuat satu kantong rest area sehingga bagi mereka yang akan menuju ke Merak akan difilter di situ. Kalau nanti setelah longgar baru bisa dijalankan. Yang lain kita akan minta jalannya dilebarkan. Jangka panjang bahkan kita minta ada jembatan yang ada di situ," ujar Budi, dalam jumpa pers, Selasa (24/5/2022).

Kemenhub juga akan menambah Pelabuhan Ciwandan untuk diaktifkan mengangkut penumpang di hari besar atau akhir pekan. Budi mengatakan Pelabuhan Ciwandan memiliki 3 sampai 4 dermaga yang memungkinkan untuk membawa penumpang.

"Kita berikan izin pada Pelindo untuk mengoperasikan kendaraan berat tapi pada saat hari-hari besar, Sabtu-Minggu itu bisa digunakan penumpang sehingga jumlah 7 dermaga yang ada di Merak akan ditambah paling tidak 3 sampai 4 di Ciwandan," ucapnya.

Budi mengatakan evaluasi lainnya yakni manajemen keluar masuk dari terminal Pelabuhan menuju kapal. Budi menyebut pihaknya segera menyiapkan teknologi baru untuk mempermudah mobilisasi di Merak.

"Di merak sendiri kami akan evaluasi seperti ditemukan Pak Menko manajemen turun naik itu relatif masih lama oleh karenanya kita akan gunakan teknologi, sistem yang lebih intensif agar keluar-masuk dari terminal menuju kapal itu menjadi lebih baik," kata Budi.

"Satu kegiatan yang blessing menjadi suatu hiburan adalah pada saat ada kapal jarak jauh dari Pelni dari Ciwandan itu 7 jam. Tapi justru masyarakat senang menggunakan kapal itu. Tak lama-lama mengendarai kendaraan tapi mendapat hiburan. Jadi pada saat lebaran nanti ada yang 2,5 jam ada yang 7 jam tapi ada additional hiburan yang ada di sana," sambung dia.

(idn/imk)