ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Tak Dijaga Dishub, Trotoar Metropole Jakpus Dilindas Motor Pagi Ini

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 10:32 WIB
Trotoar di Kawasan Metropole, Cikini, Jakarta Pusat diterobos oleh sepeda motor, Selasa (24/5/2022) pagi.
Foto: Mulia Budi/detikcom
Jakarta -

Trotoar di Jl Pegangsaan sekitar kawasan Metropole, Jakarta Pusat, masih dilewati para pemotor pagi hari ini. Trotoar itu digunakan sebagai jalan alternatif para pemotor untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (24/5/2022), pukul 09.40 WIB, banyak pemotor yang masih berlalu lalang melintas di trotoar yang tak jauh dari Stasiun Cikini tersebut. Tampak pejalan kaki dan pemotor sama-sama menggunakan trotoar.

Terlihat para pengendara motor menggunakan trotoar untuk menghindari kemacetan antrean di lampu merah. Mereka melaju di trotoar kemudian memotong jalan tepat di depan lampu merah sekitar Metropole.

Pengendara motor yang menggunakan trotoar datang dari dua arah. Tampak ada pemotor yang datang dari sisi timur atau melawan arus dan sebaliknya.

Tidak terlihat petugas Dinas Perhubungan di lokasi. Pengendara motor terlihat leluasa dan santai melintas di area yang seharusnya digunakan untuk pejalan kaki tersebut.

Soal Pengawasan Dishub dan Pemasangan Portal S

Pejalan kaki mengeluhkan trotoar di Jl Pegangsaan sekitar Metropole, Jakarta Pusat, ini diinvasi pemotor bandel. Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal menempatkan personelnya supaya jalur pedestrian tak diterabas pemotor.

"Terhadap pemotor yang menerabas trotoar di Metropole, kami terus melakukan pengawasan melalui patroli terhadap pelanggaran atau penyalahgunaan trotoar," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada detikcom, Senin (23/5/2022).

Dishub DKI mengaku senantiasa mengawasi trotoar itu. Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, trotoar memang tidak boleh diterabas kendaraan bermotor.

Simak berita selengkapnya di sini.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT