Masa Tunggu Berangkat Ibadah Haji di Bogor Sampai 22 Tahun

Muchamad Sholihin - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 17:52 WIB
Ilustrasi Haji
Foto Ilustrasi Haji (Tim Infografis/detikcom)
Bogor -

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor menyebut masa tunggu calon jemaah haji asal Kota Bogor mencapai 22 tahun. Hingga kemarin, antrean calon jemaah haji yang telah terdaftar di Kemenag Kota Bogor mencapai 19.543 orang.

"Dulu kita masa tunggunya hanya 1-2 tahun, kemudian 5 tahun, kemudian naik lagi 10, 15 tahun. Nah sekarang 22 tahun untuk masa tunggu keberangkatan di Kota Bogor," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kota Bogor Ahyan Maemun, Senin (23/5/2022).

"Untuk calon jemaah haji yang terdaftar di Kota Bogor sampai kemarin sore sudah mencapai 19.543 orang. Jadi ini jumlah yang waiting list, di luar calon yang berangkat tahun ini," sambung dia.

Ahyan menyebut masa tunggu selama 22 tahun itu berlaku jika kuota jemaah haji yang diberangkatkan dari Kota Bogor berjalan normal seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, jika kuota jemaah haji tetap dikurangi seperti tahun ini, masa tunggu pemberangkatan haji menjadi lebih lama lagi.

"Kalau kuota kembali normal, maka berangkat 22 tahun mendatang. Kalau kuota tetap seperti sekarang, dikurangi hanya 450 orang yang boleh berangkat, berarti masa tunggu pemberangkatan haji sampai 44 tahun ke depan," kata Ahsan.

Ahsan menjelaskan jatah kuota jemaah haji yang diterima Kota Bogor untuk pemberangkatan tahun ini hanya berjumlah 450 orang. Jumlah ini berkurang hingga 53 persen dari kuota yang diterima Kota Bogor di tahun-tahun sebelumnya sebanyak 999 orang.

"Berdasarkan aturan, untuk Kota Bogor untuk tahun ini mendapat jatah kuota mencapai 450 orang, dengan asumsi usia di bawah 65 tahun. Seharusnya kan Kota Bogor itu mendapat jatah kuota 999 orang, sekarang 450 artinya berkurang 53 persen," kata Ahyan.

Selain itu, kata Ahyan, Kota Bogor mendapat kuota cadangan sebanyak 90 orang untuk menggantikan calon jemaah haji yang sudah terdaftar tapi gagal berangkat tahun ini. Calon jemaah haji asal Kota Bogor dijadwalkan akan berangkat pada kloter 2 tingkat Jawa Barat pada 4 Juni mendatang.

"Kloter pertama yang berangkat dari Kota Bogor itu sebanyak 405 orang, pemberangkatan 4 Juni. Sisanya nanti pada kloter 29 Jawa Barat bergabung dengan kloter asal Garut dan Tasikmalaya," terang Ahyan.

Simak juga 'Ratas dengan Jokowi, Menag: Pemerintah Siap Layani Haji 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)