Menko PMK Kehilangan Achmad Yurianto: Saya Tak Tahu Beliau Idap Penyakit

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 11:51 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto.
Achmad Yurianto (Foto: Dok. BNPB)
Jakarta -

Eks Juru Bicara (Jubir) COVID-19 Achmad Yurianto meninggal dunia pada Sabtu (21/5) kemarin. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengenang Achmad Yurianto sebagai sosok yang lugas dalam menyampaikan pandangan dan pekerja keras.

"Beliau memiliki background akademik yang cukup bagus. Kemudian tentu saja karena militernya orangnya tegas, kalau menyampaikan pandangannya sangat tangkas karena itu dipercaya sebagai Jubir COVID-19. Menurut saya, beliau seorang yang pekerja keras," ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis, Minggu (22/5/2022).

Muhadjir menyebut merasa kehilangan atas meninggalnya Achmad Yurianto. Muhadjir mengatakan Achmad Yurianto tidak terlihat seperti orang yang sakit. Hal ini disebabkan Yurianto selalu riang.

"Saya benar-benar kehilangan. Almarhum adalah sosok pekerja keras. Saya selama ini tidak tahu kalau beliau mengidap penyakit. Karena tanda-tandanya. Beliau selalu periang. Artinya tidak ada tanda-tanda gelisah atau sakit," ujarnya.

Ia sendiri mengaku terakhir kali bertemu dan berbincang dengan Yurianto sekitar 2 bulan lalu. Pertemuan disebut pada acara peluncuran Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Waktu itu sekitar 2 bulan lalu saya undang ke kantor. Waktu launching Inpres tentang Jaminan Sosial Kesehatan. Saya masih sempat ngobrol," ucapnya.

Diketahui Yuri meninggal dunia karena sakit pada Sabtu (21/5/2022) sekitar pukul 18.58 WIB kemarin di Malang, Jawa Timur. Yuri akan dimakamkan secara militer di Kota Batu, Jatim, hari ini.

Simak Video 'Achmad Yurianto Eks Jubir Corona Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dhn)