KSP Kenang Achmad Yurianto: New Normal RI Wujud Nyata Jasanya

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 11:11 WIB
Juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB)
Juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB)
Jakarta -

Eks Juru Bicara (Jubir) COVID-19 Achmad Yurianto meninggal dunia karena sakit pada Sabtu (21/5/2022) kemarin. Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan RI Juri Ardiantoro menyebut kondisi 'new normal' yang dijalani Indonesia saat ini merupakan wujud jasa Achmad Yurianto.

"Dua tahun lalu, tidak banyak masyarakat yang peduli akan prokes. Almarhumlah yang tidak bosan selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan menggunakan masker dan 'new normal' yang kita jalani hari ini adalah wujud jasa besar Pak Yuri," ujar Juri dalam keterangan tertulis, Minggu (22/5/2022).

Senada dengan Juri, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abaraham Wirotomo menyebut Yurianto sebagai sosok kesatria yang mendedikasikan dirinya dalam menghadapi pandemi COVID-19. Achmad Yurianto disebut tidak bosan mengingatkan masyarakat selama penanganan COVID-19.

"Kita kehilangan sosok kesatria yang pernah mendedikasikan seluruh pikiran, waktu, dan tenaga, untuk setiap sore menuntun masyarakat Indonesia menghadapi badai pandemi COVID-19," kata Abraham.

Abraham menceritakan pengalamannya saat berdiskusi dengan Yurianto. Menurutnya, Yurianto memiliki sikap yang tegas dan tenang dalam mengambil sebuah keputusan.

"Awal pandemi, saya sering berdiskusi hingga berjam-jam dengan dr Yuri. Sosok yang tegas dan tenang dalam mengambil keputusan," kenang Abraham.

"Beliau bisa dibilang sosok yang bagaikan mercusuar di tengah badai ombak," tambahnya.

Diketahui, Achmad Yurianto meninggal dunia pada Sabtu (21/5) kemarin di Malang, Jawa Timur. Jenazah Yurianto akan dimakamkan di Kota Batu hari ini.

Simak Video 'Achmad Yurianto, dari Dokter Militer hingga Jubir COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dhn)