6 Fakta Kedubes Inggris Kibarkan Bendera LGBT

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 20:39 WIB
Bendera pelangi LGBT sudah tak berkibar di Kedubes Inggris, Jakarta, 21 Mei 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Foto: Bendera pelangi LGBT sudah tak berkibar di Kedubes Inggris, Jakarta, 21 Mei 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Kantor Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia yang ada di Jakarta mengibarkan bendera pelangi simbol lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Sejumlah fakta terkait pengibaran bendera LGBT ini terungkap.

Kedubes Inggris sendiri sudah menjelaskan alasan mengapa mengibarkan bendera LGBT. Kedubes Inggris juga dengan terang-terangan menyatakan dukungannya kepada kelompok LGBT.

Dirangkum detikcom, Sabtu (21/5/2022) berikut ini fakta-fakta seputar Kedubes Inggris yang kibarkan bendera LGBT.

1. Dipasang sejak dua hari lalu

Unggahan akun Kedutaan Inggris itu dipasang dua hari lalu, termasuk foto bendera LGBT di samping bendera Inggris Union Jack. Kedutaan Inggris menjelaskan bahwa sejarah LGBT sudah sama panjangnya dengan sejarah umat manusia.

Seksualitas adalah bagian dari kemanusiaan, namun masih ada kriminalisasi terhadap LGBT. Sebanyak 71 negara mengkriminalisasi aktivitas sesama jenis kelamin, 15 negara mengkriminalisasi ekspresi gender dan atau 'cross-dressing', dan 26 negara mengkriminalisasi orang-orang transgender.

"Keadaan itu harus berubah. Kita harus bekerja sama untuk membuat kemajuan. Kita bersama-sama menyatukan masyarakat dan pemerintah," demikian kata Kedubes Inggris di akun resmi Instagramnya, @ukindonesia, diakses detikcom pada Sabtu (21/5/2022).

Apa saja fakta lainnya? Silakan baca di halaman selanjutnya.