PPATK Temukan Aliran Dana Oknum Polisi Bos Tambang Emas Ilegal, ke Mana Saja?

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 10:18 WIB
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana
Foto: Ivan Yustiavandana
Jakarta -

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah melacak aliran dana dari Briptu Hasbudi (HSB), oknum polisi bos tambang emas ilegal di Kalimantan Utara. PPATK menemukan adanya aliran dana Briptu Hasbudi ke pihak tertentu.

"Ya ada (aliran dana ke) pihak-pihak terkaitnya. Masih proses terus terkait dengan pendalamannya," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana kepada detikcom, Sabtu (21/5/2022).

Ivan mengatakan pelacakan aliran dana ini masih dilakukan pendalaman. Untuk sementara, dia belum bisa membeberkan siapa pihak yang menerima aliran dana tersebut.

"Masih terus pendalaman. Kalau profil tidak bisa saya sampaikan," ujar Ivan.

Lebih lanjut dia menegaskan pelacakan aliran dana ini memang sudah lama dilakukan. Namun hingga kini belum ditemukan titik terang aliran dana ini mengalir ke pihak mana saja.

"Kami sudah proses sejak lama," katanya.

Sebelumnya, dugaan aliran dana Briptu Hasbudi (HSB), oknum polisi bos tambang emas ilegal di Kalimantan Utara (Kaltara), yang mengalir ke sejumlah pihak diatensi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Kompolnas pun meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengecek aliran dana tersebut.

"Nanti kami akan mendorong PPATK untuk cek aliran dana itu sehingga bisa memberikan masukan kepada polisi kalau nanti mengungkap lebih detail," ungkap komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto kepada detikcom, Kamis (19/5).

HSB diketahui memiliki bisnis lain, termasuk pengiriman barang bekas dari Malaysia. Kompolnas akan mengecek langkah penelusuran yang dilakukan Polda Kaltara dan Polres Bulungan, khususnya terkait penelusuran transfer dana HSB mengalir ke mana saja.

"Kemudian untuk melakukan tracking aliran dana itu. Kan tidak ada di polisi, tetapi ada di PPATK, sehingga tadi kami cek, ternyata sudah juga bersurat ke PPATK," jelasnya.

Simak juga Video: Pesan Tersirat Jokowi untuk Keluarga Korban Tambang Ilegal Sumbar

[Gambas:Video 20detik]



(azh/idh)